alexa snippet

Zotye SR9 Kloningan Porsche Macan Laris di Negeri Panda

Zotye SR9 Kloningan Porsche Macan Laris di Negeri Panda
produsen automotif asal China berhasil membuat kloningan dari produk yang sudah lebih dulu popular dari Porsche yaitu model macan. Foto/Istimewa.
A+ A-
BEIJING - Siapa yang tak bisa meniru produk-produk bermerek baik gadget maupun automotif selain negara China. Ya, produsen automotif asal China berhasil membuat kloningan dari produk yang sudah lebih dulu popular dari Porsche.

Hal ini sudah menjadi kebiasaan, bahkan pihak Porsche hanya bisa pasrah karya intelektualnya ditiru dan di perbanyak. Model yang ditiru ini adalah Porsche model Macan yang cukup populer. Pabrikan asal China, Zotye Auto dari Zhejiang, China membuat Zotye SR9 yang sangat mirip dengan Macan dan telah resmi diluncurkan.

Sebagai informasi sebelum meluncur dengan nama Zotye SR9, mobil ini lebih dulu dikenal sebagai SR8. Bentuknya jelas sangat mirip dengan Macan, hanya gril dan lampu depannya dibedakan. Carnewschina melaporkan, kemungkinan Zotye SR9 dibanderol 100 ribu yuan atau sekira Rp193 juta terpaut jauh dengan Porsche Macan yang dijual mulai 558 ribu yuan atau sekira Rp1,24 miliar.

Zotye SR9 ditawarkan dengan mesin 2.0 turbo yang memiliki tenaga 190 hp dan torsi puncak 250 Nm. Tapi mulai tahun depan, varian mesinnya akan ditambah lagi dengan  mesin 1.5 turbo yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 150 hp. Mesinnya dihubungkan ke transmisi manual lima atau enam percepatan DCT.

Sebagai perbandingan Porsche Macan terbaru dibekali mesin 2.0 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 252 hp pada rentang 5.000–6.800 rpm, torsi puncak 370 nm, pada 1.600–4.500 rpm. Tenaga dikirim ke empat roda melalui transmisi PDK dual-clutch tujuh percepatan.

Terkait ukuran tubuh keduanya tidak berbeda jauh. Zotye SR9 memiliki panjang 4.744 milimeter, lebar 1.929 mm, tinggi 1.647 mm, dan wheelbase 2.850 mm. Sementara Porsche Macan panjangnya sekira 4.681 mm, lebar 1923 mm, tinggi 1624 mm, dan wheelbase 2.807 mm.

Dikabarkan sebelumnya Porsche akan menuntut Zotye karena meniru salah satu produknya. Bahkan yang mengesankan dengan tuntukan Porsche pihak Zotye tidak takut karena perusahaan ini pernah lolos dari jerat hukum yang dilakukan oleh Audi karena meniru Q3, Q5, dan lainnya. Kalau dilihat kasus ini tidak hanya Porsche dan Audi yang modelnya pernah ditiru, Land Rover dan Lamborgini juga ada model KW nya di China.



(dol)
dibaca 3.197x
loading gif
Top