alexa snippet

YZF-R6 Tes di Trek Balap, Inilah Detail Motor Duplikat The Doctor

YZF-R6 Tes di Trek Balap, Inilah Detail Motor Duplikat The Doctor
Motor yang diklaim sebagai motor duplikat The Doctor (Valentino Rossi) ini, kini dites di trek balap. FOTO/ MOrebike
A+ A-
TOKYO - Yamaha telah mengumumkan YZF-R6 akan dijual bebas. Motor yang diklaim sebagai motor duplikat The Doctor (Valentino Rossi) ini, kini dites di sirkuit balap sebelum dilempar kepasaran.

Dalam rekaman video menunjukkan YZF-R6 di habitat alaminya yakni trek balap cepat mengalir  tampak hebat. Motor baru Yamaha ini memiliki  tampilan R1-esque dan jika dilihat dalam video ini terlihat YZF-R6 bukanlah motor biasa.



Para pengamat automotif bilang YZF-R6 diprediksi akan menjadi  motor terbaik di dunia. Dalam siaran persnya, Yamaha menyebutkan alasan peluncuran motor tersebut di Amerika Serikat adalah karena angka penjualan versi lama yang sangat bagus. YZF-R6 adalah salah satu motor sport terlaris di Negeri Paman Sam dengan penjualan mencapai 150.000 unit sejak diperkenalkan pada 1999.

YZF-R6 juga telah membuktikan kualitasnya dengan menjuarai World Supersport Championships tiga kali dalam tujuh tahun terakhir, serta 21 trofi AMA Professional Road Racing dalam 13 tahun terakhir.

Motor 600cc ini telah membuktikan diri sebagai kendaraan pacu yang ringan, gesit, kencang, dan motor dengan desain paling dinamis di kelasnya.

Desain YZF-R6 yang diambil persis dengan motor tunganga The Doctor  jelas terinspirasi oleh rancangan YZF-R1 yang disebut Yamaha sebagai "Next generation R-DNA". Fairing depan dan tebeng penahan angin yang baru bisa mengurangi koefisien drag hingga 8 persen.Desain terbaru ini lebih membuat motor kencang dari pendahulunya

Selain itu desain lampu LED depan dan indikator lainnya juga berubah terinspirasi R1.

Urusan rangka, Yamaha tidak mengubah rangka sama seperti R6 seri lama, versi 2017 juga memiliki panjang 2.040mm, lebar 695mm, dan tinggi 1.150mm, dengan jarak roda 1.375mm serta tinggi tempat duduk 85 mm.

Mesin yang digunakan juga masih sama, yakni 599cc berpendingin cairan DOHC 4-silinder segaris dengan 16 katup yang terbuat dari titanium. Akan tetapi Yamaha tidak mengungkap besar tenaga dan torsi maksimal YZF-R6 ini.

dibaca 24.759x
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top