alexa snippet

Sistem Operasi Tizen Akan Digunakan Pada Perangkat Samsung

Sistem Operasi Tizen Akan Digunakan Pada Perangkat Samsung
Samsung Electronics Indonesia meluncurkan perangkat terbarunya, yakni Samsung Z2. FOTO/ Isra
A+ A-
JAKARTA - PT Samsung Electronics Indonesia baru saja meluncurkan perangkat terbarunya, yakni Samsung Z2. Melalui perangkat teranyarnya ini, pabrikan smartphone asal Korea Selatan tersebut sekaligus memperkenalkan Sistem Operasi (OS) Tizen.

Dimana sistem operasi ini merupakan hasil kolaborasi Samsung dengan Linux Foundation, yang bersifat open source. Bahkan kedepannya Samsung menyatakan sangat serius untuk membangun sistem operasi miliknya ini.

"Kedepannya sistem ini akan terus kita kembangkan. Jadi akan ada perangkat-perangkat lainnya diluar Z2," ujar VP PT Samsung Research and Development Institute Indonesia, Alfred Boediman, di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Namun, dirinya menambahkan, sistem operasi ini belum bisa dibandingkan dengam sistem operasi lainnya. Sebab sistem operasi Tizen masih sangat baru dan masih akan terus dikembangkan.

Seluruh smartphone Samsung sendiri saat ini masih berbekal sistem operasi android. Melalui sistem operasi milik Google tersebut, Samsung bersaing ketat dengan Apple dan platform iOS nya.

Ditanyai apakah kedepannya Samsung akan membekali seluruh perangkatnya dengan sistem operasi Tizen sebagai standarisasi dan menggantikan peran android. Alfred mengatakan, "Tentu saja tidak menutup kemungkinan dan saat ini memang masih tahap awal. Pengembangannya pun tidak akan hanya terbatas pada perangkat entry level."

Samsung Z2 sendiri merupakan smartphone pertama dari Samsung yang menggunakan sistem operasi Tizen. Dengan sistem operasi yang dikembangkan sendiri, Samsung membanderol Z2 dengan harga Rp 899.000.



(wbs)
dibaca 5.674x
loading gif
Top