Saat Ini Instagram Punya Fitur Pencegah Bunuh Diri

Jum'at, 21 Oktober 2016 - 15:18 WIB
Saat Ini Instagram Punya Fitur Pencegah Bunuh Diri
Saat Ini Instagram Punya Fitur Pencegah Bunuh Diri
A A A
CALIFORNIA - Pada dasarnya media sosial (medsos) memang berfungsi sebagai aplikasi berbagi momen. Namun seiring perkembangannya keberadaan medsos makin berubah dan tidak jarang menjurus ke hal negatif.

Bahkan belakangan ini, terdapat kasus bunuh diri yang terindikasi dari uggahan medsos Instagram. Dimana seperti diketahui Instagram memiliki fitur foto dan video yang membuat penggunanya bebas mengunggah ekspresi mereka melalui akun yang dimiliki.

Merespon hal tersebut, Instagram akhirnya menghadirkan fitur pencegah bunuh diri. Fungsinya agar video yang diunggah tidak segera menyebar. Sedangkan cara kerjanya, pengguna cukup melaporkan postingan yang berbau tindakan bunuh diri.

"Kami paham bahwa orang di sekeliling pasti ingin memberi dukungan bagi mereka (orang yang ingin bunuh diri) namun bingung bagaimana cara melakukannya. Semoga kehadiran tools baru ini dapat mencegah orang yang ingin melakukan bunuh diri dan diharapkan mereka sadar bahwa mereka tidak sendiri," ujar COO Instagram Marne Levine, dilansir dari Engadget, Jumat (21/10/2016).

Dalam hal ini Instagram turut menggandenga beberapa psikolog dan pakar kesehatan mental untuk menangani pengguna yang 'bermasalah' dengan hidupnya. Tujuannya untuk membuka pemikiran pengguna untuk tidak memikirkan hal - hal berbau bubuh diri.

Mark Widdowson, salah seorang pengamat psikologi remaja dalam studinya mengatakan, gejolak tersebut sebenarnya muncul dari peer pressure pengguna lain.

"Unggahan berupa foto atau video seringkali memperlihatkan gemerlapnya pesta, gaya hidup, kuliner, bahkan isu sensitif. Sementara pengguna lain yang melihatnya berada lada taraf yang tidak sama dengan isi konten," ungkap Widdowson.

Dirinya menambahkan, media sosial sebenarnya sarana untuk berkomunikasi. Bukan cerminan harus yang harus ditiru. Widdowson sendiri merupakan dosen di University of Salford dan turut andil dalam fitur baru Instagram.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0955 seconds (0.1#10.140)