Jokowi Resmikan Jalan Tol Cisumdawu, Akses ke Bandara Kertajati Lebih Mudah

Selasa, 11 Juli 2023 - 10:56 WIB
loading...
Jokowi Resmikan Jalan Tol Cisumdawu, Akses ke Bandara Kertajati Lebih Mudah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023). FOTO/Biro Pers Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023). Kehadiran infrastruktur tersebut diharapkan mempermudah akses ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Alhamdulillah hari ini jalan tol Cisumdawu, jalan tol Cileunyi Sumedang dan Dawuan sudah selesai dan siap untuk dioperasikan. Jalan tol menghubungkan Kota Bandung melalui tol Cipularang ke tol Cipali," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/7/2023).



Dia menjelaskan pembangunan tol Cisumdawu dimulai tahun 2011. Namun, alasan pembebasan lahan tol baru bisa diresmikan hari ini.

"Supaya semuanya tahu jalan tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011. Artinya sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan utamanya urusan pembebasan lahan," kata dia.

Jokowi menjelaskan tol Cisumdawu terdapat dua terowongan kembar dengan panjang mencapai 472 meter. "Ini diseluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pagi hari ini," kata Jokowi

Ia berharap dengan beroperasinya jalan tol Cisumdawu akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Kertajati.

"Pembangunan tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer ini menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun yang dari pemerintah Rp9,07 triliun sisanya dari KPPU dari swasta," kata dia.



Presiden menyebut dengan telah selesai diresmikannya Tol Cisumdawu maka bandara Kertajati akan menjadi bandara masa depan yang lebih baik. Sebab, sudah banyak negara-negara luar yang ingin berinvestasi di Bandara Kertajati baik untuk mengoperasikan juga meningkatkan traffic lalulintas penerbangan.

"Kalau negara lain berbondong-bondong ingin masuk artinya di Kertajati ini ada sesuatu. Dan kita harapkan ini menjadi negara besar di masa mendatang," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)