Pengguna Internet Terbanyak di Indonesia, Anak Usia 10-14 Tahun

Selasa, 25 Oktober 2016 - 06:21 WIB
Pengguna Internet Terbanyak di Indonesia, Anak Usia 10-14 Tahun
Pengguna Internet Terbanyak di Indonesia, Anak Usia 10-14 Tahun
A A A
JAKARTA - Seiring perkembangan teknologi, akses internet kini dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja. Terlebih semuanya bisa sudah dapat diakses melalui perangkat mobile.

Akan tetapi berdasarkan hasil survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terdapat temuan yang mengejutkan dari statistik pengguna di Indonesia. Ternyata pengguna internet kisaran umur 10-14 termasuk cukup tinggi, yakni 768.000 ribu dengan penetrasi internet 100%.

"Ino tentu mengejutkan, ternyata penetrasi internet kebanyakan malah anak-anak. Oleh katena itu, kita mau coba galakkan program internet bersama, dan menggunakan filtering," ujar Ketua APJII, Jamalul Izza, di Jakarta, Senin (24/10/2016).

Dirinya menambahkan, APJII saat ini ingin membangun server, soalnya sistem yang ada sekarang masih menggunakan sistem manual untuk urusan filterisasi. Bulan depan akan dicoba untuk sistem automatis dan nanti juga akan dibuat dashboard automatis agar bisa dipantau oleh semua stakeholder.

Meski begitu, dirinya menjabarkan, pengguna internet kisaran umur tersebut masih lebih banyak menggunakan internet untuk mengakses video. Selebihnya baru konten - konten diluar video.

Ditanai konten apa yang paling banyak diakses anak-anak. Dirinya mengatakan, "Akses paling tinggi saat ini ada di youtube. Sedangkan untik media sosial masih kurang."

Berdasarkan klasifikasi umur yang disampaikan, kisaran usia 50 tahun keatas memiliki penetrasi yang paling rendah dengan penetrasi hanya 3 %. Sedangkan penetrasi pengguna internet usia 20 - 24 memiliki penterasi tertinfgi kedua dengan 82 %.

Data ini didapatkan berdasarkan hasil survei APJII 2016.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9494 seconds (0.1#10.140)