alexa snippet

Industri Automotif Butuh Perhatian Serius Pemerintah

Industri Automotif Butuh Perhatian Serius Pemerintah
Industri automotif nasional butuh perhatian serius dari pemerintah agar bisa kembali tumbuh dan berkembang dengan baik. Foto/Istimewa
A+ A-
DUA tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) industri automotif nasional masih kurang bergairah. Gabungan Industri Automotif Indonesia (Gaikindo) mencatat pertumbuhan automotif pada tahun ini hanya sekitar 2,5% dibandingkan 2015.

Di sini industri automotif nasional butuh perhatian seius dari pemerintah. Beberapa kebijakan telah dikeluarkan pemerintah untuk merangsang investasi industri automotif.

Perlahan hal ini telah membuahkan hasil. Salah satunya dengan kehadiran Wuling Motors. Kesediaan Wuling berinvestasi dan bergabung dengan industri automotif nasional membuktikan bahwa Indonesia masih memberikan peluang besar bagi para pemilik brand automotif untuk berkembang sekaligus menyediakan produk dan layanan yang baik untuk masyarakat di Tanah Air.

Wuling Motors adalah brand dari ekspansi global SAIC-GM-Wuling Automobile Co Ltd asal China. Pembangunan pabrik di Indonesia menjadi langkah strategis, tidak hanya untuk pasar nasional tetapi juga menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor untuk pasar Asia Tenggara.

Keberanian Wuling melakukan investasi di Indonesia sangat didukung kemudahan kebijakan dari pemerintah. Bahkan melalui PT SGMW Motor Indonesia telah membangun pabrik mobil pertamanya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada tahun lalu, dengan komitmen investasi USD700 juta atau sekitar Rp9 triliun.

"Kami juga merasa terhomat dapat menjadi anggota Gaikindo. Karena organisasi ini memberikan akses koneksi multinasional, peraturan pemerintah, serta pemberitaan terbaru terkait industri dan ekonomi kepada para anggotanya," ujar Presiden Wuling Motors Indonesia, Xu Feiyun.

Tak dipungkiri hubungan Indonesia dengan China era Jokowi-JK sedang mesra-mesranya. Ini merupakan salah satu pertimbangan Wuling untuk melakukan investasi. Bahkan selain membangun pabrik dan Supplier Park, Wuling juga sedang mempersiapkan untuk membuka lebih dari 50 dealer pada tahun pertama setelah peluncuran mobil.

"Kami berencana berada di Indonesia dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini yang mendasari kami untuk membangun pabrik dan Supplier Park, sehingga kami dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Anda dapat melihat dari maket pabrik ini bahwa kami serius untuk menciptakan mobil yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia dan untuk memastikan komitmen terbaik dalam layanan purna jual kami,” tambah Xu Feiyun.

Langkah pemerintah Indonesia mengeluarkan beragam paket kebijakan yang memudahkan investor, sangat membantu perusahaan dalam berinvestasi di Indonesia. Saat disinggung adakah kemudahan dan insentif pajak yang diperoleh SGMW dari pemerintahan Jokowi? Xu mengatakan, pihaknya akan mengikuti aturan yang ada di Indonesia.

"Masalah tax allowance (kemudahan pajak), itu kan sudah ada aturannya. Kami saat ini sedang mempelajari fasilitas yang disediakan Indonesia dan syarat-syaratnya agar kami bisa mengikutinya. Setelah itu baru kami akan mengajukan," ujar Xu.

dibaca 2.188x
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top