Digitalisasi Tarik Pengguna Berkunjung ke Museum

Kamis, 27 Oktober 2016 - 22:02 WIB
Digitalisasi Tarik Pengguna Berkunjung ke Museum
Digitalisasi Tarik Pengguna Berkunjung ke Museum
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) baru saja melakukan kerjasama dengan Google untuk memberikan pengalaman menikmati 7 museum di Indonesia. Kerjasama ini dilakukan agar kedepannya siapa saja dapat menikmati museum melalui teknologi Art Camera dan Google Carboard tanpa perlu datang ke museum secara langsung.

Meski begitu, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, Harry Widianto justru merasa senang dan tidak khawatir bila nantinya pengunjung meseum akan semakin sepi dengan hadirnya teknologi dari Google tersebut.

"Sebenarnya tidak masalah, justru mereka malah akan penasaran dan akhirnya mau berkunjung ke museum," ujar Harry, di Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Dirinya menambahkan, saya lihat ketika orang melihat melalui internet ada rasa tidak puas karena tidak bisa merasakan langsung. Akhirnya mereka mencatat dan berkunjung langsung ke museum.

Semisal melalui internet mereka bisa melihat gading gajah sepanjang 4 meter. Tqpi tentu saja pengalaman yang ditawarkan akan berbeda ketika mereka datang langsung.

Kedepannya, Kemendikbud juga terua berusaha menghadirkan inovasi agar cagar-cagar budaya dan tempat bersejarah dapat lebih diminati. Salah satunya dengan cara melakukan digitalisasi.

"Era seperti ini mau tidak mau kita harus berpikir tentang digitalisasi. Jadi dengan begktu siapa saja bisa mengunjungi museum melalui internet.Saat ini pun kita sudah mulai, beberapa sudah ada yang kita share melalu youtube," ungkapnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8481 seconds (0.1#10.140)