alexa snippet

Beragam Alat Edukasi di Pertamina Science Fun Fair 2016

Beragam Alat Edukasi di Pertamina Science Fun Fair 2016
Dalam rangka mendorong generasi penerus menyukai Sains, perhelatan Pertamina Science Fun Fair 2016 diisi dengan beberapa alat edukasi. Foto/SINDOnews/Manuel Jeghesta
A+ A-
JAKARTA - Dalam rangka mendorong generasi penerus menyukai Sains, perhelatan Pertamina Science Fun Fair 2016 yang digelar di Grand Atrium, Kota Kasabalanka, Jakarta diisi dengan beberapa alat edukasi. Setidaknya terdapat beberapa tempat yang akhirnya ramai dikunjungi para peserta dalam acara tersebut.

(Baca: Pertamina Science Fun Fair 2016 Resmi Dibuka)

Beberapa booth yang ramai dikunjungi adalah booth Halilintar. Di area ini para peserta dapat menjajal sebuah alat peraga di mana sebuah trafo dapat menghantarkan tegangan listrik. Ketika tombol di pencet, tegangan pada kawat penghantar akan menjadi tinggi dan dapat menghasilkan bunga api seperti halilintar.
Beragam Alat Edukasi di Pertamina Science Fun Fair 2016
Sedikit bergeser ke area lainnya, terdapapat pula  Generator Energi Angin. Alat peraga ini ingin membuktikan bahwa energi angin dapat diubah menjadi sebuah energi listrik.

Dengan menekan tombol yang tersedia, maka generator akan mengubah energi putar kinetik menjadi energi listrik. Aliran listrik yang dihasilkan dihubungkan dengan lampu LED sebagai indikator penanda adanya aliran listrik.
Beragam Alat Edukasi di Pertamina Science Fun Fair 2016
Selain itu, ada juga alat peraga transfer energi, alat ini ingin mengedukasi para peserta bahwa energi yang dibrikan setara dengan energi yang diterima. Sehingga, jumlah bola yang terlempar sama dengan jumlah bola penumbuk.

Cara kerjanya mudah, dengan menarik salah satu bandul paling pinggir dan dilepaskan maka beberapa jumlah bandul akan terlempar berkat energi yang dihantarkan.

(Baca: Pertamina Science Fun Fair 2016 Dapat Dukungan Penuh Pemerintah)

Selain beberapa alat edukasi yang disebutkan, terdapat pula alat edukasi lainnya seperti Menara Kubus dan Tic Tac Toe yang tersedia di area Pertamina Science Fun Fair 2016, termasuk berbagai robotic.

Diberitakan sebelumnya, Pertamina Science Fun Fair 2016 sendiri terselenggara atas kerja sama PT Pertamina dengan KORAN SINDO, SINDO Weekly, dan SINDOnews. Acara ini akan berlangsing satu hari penuh dengan mengundang siswa dari SD hingga SMA untuk ikut lomba project sains yang dimiliki.

Baca Juga:

Peserta Pertamina Science Fun Fair 2016 Asyik Main Sepak Bola Robot
Pengunjung Pertamina Science Fun Fair 2016 Membeludak




(izz)
dibaca 4.587x
loading gif
Top