Sulap Sampah Jadi Karya, MNC Play Dukung ARTUP Festival 2016

Senin, 31 Oktober 2016 - 16:45 WIB
Sulap Sampah Jadi Karya, MNC Play Dukung ARTUP Festival 2016
Sulap Sampah Jadi Karya, MNC Play Dukung ARTUP Festival 2016
A A A
BANDUNG - MNC Play mendukung kegiatan ARTUP Festival 2016 yang mengusung slogan Sulap Sampah Jadi Karya di Cikapundung Riverspot, Bandung, Jawa Barat, pada 28-30 Oktober 2016. Beberapa kegiatan yang digelar dalam acara tersebut, antara lain art installation, upcycling competition, workshop, seminar, dan music performance.

Riset Greeneration, organisasi non-pemerintah yang 10 tahun mengikuti isu sampah menemukan bahwa satu orang di Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun," ujar Branch Head MNC Play Bandung, F Edwin Sukisman dalam keterangannya, Senin (31/10/2016).

“Jika masyarakat sadar akan peluang tersebut, sampah akan menjadi berkah. Layanan internet dengan kecepatan tinggi milik MNC Play bisa dimanfaatkan oleh tangan-tangan kreatif untuk dapat mengelola sampah menjadi benda seni bernilai tinggi. Mereka dapat menggunakan internet untuk melakukan riset, mencari inspirasi, sampai dengan menciptakan produk baru untuk pengembangan produknya,” kata Edwin.

Tema festival yang diadakan di Kota Kembang ini adalah Waste Meets Art: From Problem to Solution. Artinya bukan hanya melakukan recycle, tetapi juga perlu memberikan penambahan nilai (upcycling) dengan sentuhan seni dan kreativitas untuk barang-barang bekas tersebut.

Pengunjung juga dapat ikut dalam recycling experience workshop, yaitu pembuatan ecobricks dan upcycling oleh komunitas serta Nur Maliyanti, yang dikenal sebagai Ibu Kardus.

Ada juga Event Highlight, yaitu seminar yang digelar di Balai Kota Bandung dengan tema circular economy. Melalui seminar ini, masyarakat diharapkan memperoleh informasi mengenai manajemen sampah dari sisi pemerintah, swasta ataupun seniman. Acara seminar dihadiri Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge, Danish Technical Waste Expert Hanne Johnsen, Chairwoman Coca-Cola Foundation Indonesia Titie Sadarini, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan seniman senior, Ali Robin.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan MNC Play untuk acara ini. Kami berharap hadirnya layanan internet cepat dari MNC Play dapat dimaksimalkan dengan baik oleh para pelaku industri kreatif, terutama yang peduli terhadap lingkungan,” kata sponsorship kepanitiaan ARTUP Festival 2016, Muhammad Ghifari Dwi Respati.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0867 seconds (0.1#10.140)