alexa snippet

Terlalu Lama Lihat Gadget dan Layar Monitor Bisa Kena Diabetes

Terlalu Lama Lihat Gadget dan Layar Monitor Bisa Kena Diabetes
HMS menyebutkan hasil tes pada penggunaan gadget di malam hari menunjukkan kenaikan gula darah dalam tubuh, sehingga memacu pada kondisi pre-diabetes dan kemungkinan obesitas. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
SEIRING pergeseran kebiasaan masyarakat, terutama dalam penggunaan teknologi, waktu yang digunakan untuk melihat gadget, layar monitor, notebook, TV semakin lama dan semakin panjang.  Tanpa disadari hal tersebut dapat membahayakan kesehatan Anda.

Dalam keterangan tertulisnya, BenQ mengungkapkan, berdasarkan penelitian Harvard Medical School (HMS), sinar blue light yang dipancarkan gadget terutama pada penggunaan di malam hari, membawa dampak buruk bagi mata.

HMS menyebutkan hasil tes pada penggunaan gadget di malam hari menunjukkan kenaikan gula darah dalam tubuh, sehingga memacu pada kondisi pre-diabetes dan kemungkinan obesitas, serta risiko penyakit liver.

Saat ini, sejumlah orang menggunakan kacamata dengan anti blue light sebagai salah satu pencegahan. Namun, banyak yang enggan menggunakannya dengan alasan mengganggu penampilan dan merepotkan.

Tinjauan dari Review of Optometry (Jurnal Dokter Mata) menyatakan bahwa wavelength blue light yang berbahaya bagi retina mata berada pada rentang 415-455nm.

Nah, jika Anda suka berlama-lama berada di layar gadget atau monitor, bijaksanalah dalam penggunaan teknologi, mengingat besarnya efek samping yang ditimbulkan.



(dmd)
views: 3.860
loading gif
Top