Hadapi Demo 4 November Pakai Aplikasi Ini Biar Bebas Macet

Jum'at, 04 November 2016 - 13:19 WIB
Hadapi Demo 4 November Pakai Aplikasi Ini Biar Bebas Macet
Hadapi Demo 4 November Pakai Aplikasi Ini Biar Bebas Macet
A A A
HARI ini kemacetan sudah pasti terjadi karena 4 November 2016 terjadi demo terkait kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diduga melakukan penistaan agama. Meskipun pihak kepolisian telah melakukan rekayasa lalulintas, imbas kemacetan akan terjadi dimana-mana.

Untuk menghindari ini sebaiknya Anda menggunakan aplikasi di gadget anda agar tak terjebak di dalam kemacetan. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa diinstall di smartphone, dan bisa diandalkan untuk membantu terhindar dari kemacetan :

Aplikasi Waze
Pasti Anda cukup familiar dengan aplikasi ini, terutama Anda yang sering menghadapi kemacetan lalu lintas di jalan. Aplikasi berpenampilan peta digital ini bisa memberikan informasi berbagai kondisi jalan. Seperti situasi kemacetan, kecelakaan, keberadaan polisi dan kondisi jalan lainnya.

Informasi kondisi lalulintas ditampilkan dalam bentuk grafik pada peta digital. Informasi itu berdasarkan laporan dari pengguna Waze lainnya. Karena berpenampilan peta digital, Waze juga bisa digunakan sebagai navigasi petunjuk arah dalam perjalanan.

Aplikasi JasaMargaLive
Aplikasi yang dibuat oleh Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui kondisi beberapa jalur tol secara real time. Informasi disajikan dalam bentuk teks dan juga tampilan video CCTV pada saat itu juga. Dengan begitu Anda bisa mengetahui di titik mana saja terjadi kemacetan di jalan tol. Sehingga bisa memilih jalur alternatif.

Aplikasi TMC Polda Metro
Sebuah aplikasi yang disediakan oleh Traffic Management Center Ditlantas Polda Metro Jaya. Menyajikan informasi seputar kondisi jalan secara real time. Bahkan pada aplilakasi ini menyajikan informasi kondisi jalan via pantauan kamera CCTV Korlantas Polri dan Jasa Marga.

Jangan lupa untuk memfollow Twitter milik TMC Polda Metro karena akan selalu update. Memberikan informasi secara lengkap dengan video streming.

Aplikasi Lewat Mana
Aplikasi ini memberikan informasi kondisi lalu lintas di berbagai ruas jalan. Salah satu keunggulan aplikasi ini yaitu bisa mengetahui posisi berada dan kemudian bisa menyajikan informasi kondisi lalu lintas di sekitar Anda.

Aplikasi ini juga menyediakan informasi dalam bentuk foto dan video CCTV di banyak ruas jalan. Tersedia juga fitur untuk mengetahui lokasi bengkel terdekat dari beberapa merek mobil di banyak kota.

Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu, sosial media-nya yang terbilang aktif. Banyak pengguna jalan yang menginformasikan kondisi jalan via sosmed Lewat Mana, baik Twitter maupun Facebook.

Aplikasi GIS Hubdat
Aplikasi buatan direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mempunyai fungsi tidak jauh beda dengan lainnya. Menyajikan informasi kondisi lalu lintas, yaitu dalam bentuk video CCTV.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi lokasi berbagai point of interest. Seperti lokasi mesjid, restoran, pom bensin, bank, atm, kantor polisi, rumah sakit, bengkel dan lainnya.

Jadi agar tak terjebak macet saat terjadi demo 4 November silahkan memanfaatkan lima aplikasi ini agar perjalanan ketempat tujuan bisa nyaman. Selamat memcoba.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9120 seconds (0.1#10.140)