Brevet Koleksi Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, Jenderal Kopassus yang Kini Jabat Danpusterad

Minggu, 16 Juli 2023 - 08:32 WIB
loading...
Brevet Koleksi Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, Jenderal Kopassus yang Kini Jabat Danpusterad
Danpusterad Letnan Jenderal (Letjen) TNI Teguh Muji Angkasa. FOTO/WIKIPEDIA
A A A
JAKARTA - Letnan Jenderal (Letjen) TNI Teguh Muji Angkasa memiliki koleksi brevet di seragam militernya. Brevet itu sebagai tanda kemampuan yang dimiliki prajurit Kopassus yang kini menjabat Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) tersebut.

Teguh Muji Angkasa ditunjuk menjadi Danpusterad melalui mutasi pada akhir Juli 2022 lalu. Mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/700/VII/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Dalam SK tertanggal 29 Juli 2022 tersebut, secara keseluruhan terdapat 113 perwira yang dimutasi.

Berkat penunjukan sebagai Danpusterad, Teguh Muji Angkasa mendapat kenaikan pangkat menjadi Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Promosi jabatan ini menjadikan Teguh Muji Angkasa sebagai salah satu lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1989 yang menembus bintang 3. Teguh mengikuti jejak Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Eko Margiyono yang jauh lebih dulu memiliki tiga bintang emas di pundak.



Teguh Muji Angkasa merupakan prajurit TNI yang besar di Kopassus. Semasa perwira menengah berpangkat letnan kolonel, dia ditugasi sebagai kepala penerangan Kopassus. Setelah itu menjadi Asisten Intelijen Danjen Kopassus pada 2011-2013. Melati di pundaknya bertambah satu alias kolonel.

Kariernya berlanjut di luar Kopassus dengan menjabat Asisten Intelijen Kasdam V/Brawijaya, berlanjut Perwira Bantuan I/Ren Spamad (2014-2015) dan Perwira Bantuan VI/Minitel Spamad (2015-2016). Teguh pecah bintang (mendapatkan pangkat Brigjen TNI) saat kembali ke Cijantung, Jakarta dengan menjabat sebagai orang nomor dua di Korps Baret Merah alias Wadanjen Kopassus.

Hanya sekitar setahun dia di posisi itu karena oleh Panglima TNI dipromosikan sebagai Komandan Korem 161/Wira Sakti (2017-2018). Portofolionya makin beragam saat serdadu infanteri ini diplot sebagai Kasdam IV/Diponegoro, kemudian Perwira Staf Ahli Tingkat II KSAD bidang Was Eropa dan Amerika (2020).

Bintang emas di pundaknya bertambah satu saat menjabat sebagai Perwira Staf Ahli Tingkat III KSAD bidang Politik Keamanan Nasional pada kurun 2020-2021. Nama Teguh sebenarnya sempat hilang ketika dia dimutasi sebagai Dosen Universitas Pertahanan. Namun secara mengejutkan dia kembali mencorong saat dipromosikan sebagai Danjen Kopassus.

Baca juga: 6 Jenderal TNI Pemilik Brevet Kopassus Veteran Operasi Seroja, Nomor 4 Saksikan Komandan Gugur di Pelukan

Hanya dua bulan memegang tongkat komando Kopassus, dia dipindah. Pemegang Brevet Airborne ini pada Januari 2022 digeser sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih. Secara kepangkatan, Teguh tetap bintang dua. Namun mutasi ini dapat diartikan sebagai promosi karena dia memegang komando kewilayahan (teritorial).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)