Turki Putus Akses Facebook, WhatsApp, Twitter dan YouTube

Selasa, 08 November 2016 - 06:07 WIB
Turki Putus Akses Facebook, WhatsApp, Twitter dan YouTube
Turki Putus Akses Facebook, WhatsApp, Twitter dan YouTube
A A A
ARKANA - Facebook, WhatsApp, Twitter hingga YouTube kembali diputus aksesnya (blokir) di Turki. Pemblokiran tersebut berkaitan dengan kejadian penangkapan 11 politisi pro etnik Kurdi.

Dilansir dari Mirror, Senin (7/11/2016), pemblokiran ini dilakukan oleh pihak penyedia layanan internet (ISP), pemblokiran memiliki jangka waktu yang sangat panjang, dan hal ini dampaknya akan sangat besar. Pasalnya, Turki mengantongi sekitar 47 juta orang pengguna internet harian.

Informasi ini mulanya terungkap dari kelompok Turkey Blocks, yang mana sering melaporkan tindak pemblokiran fasilitas internet di negara tersebut. Berdasarkan pantauan mereka, pemblokiran terjadi pada Kamis (3/11/2016), waktu setempat.

Hampir semua penyedia layanan internet, sepeti TTNet & Turkcell, pula terlibat dalam aksi pemblokiran itu. Akan tetapi, beberapa pengguna internet masih bisa mengakses jejaring sosial mereka dengan ISP UyduNet.

Selain keempat jejaring sosial populer ini, jejaring sosial seperti Instagram dan Skype ternyata juga kena getahnya. Bedanya, jika Facebook, WhatsApp, Twitter dan YouTube benar-benar diblokir, dua jejaring sosial ini justru sulit diakses.

Sebagaimana diungkapkan Turkey Blocks, pemblokiran itu sama saja halnya dengan tindakan sensor. Tujuannya, demi mengontrol peredaran berita soal insiden politik di Turki.Update: WhatsApp messaging service block in Turkey confirmed, joining Twitter, Facebook and YouTube.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7533 seconds (0.1#10.140)