Facebook Angkat Bicara Tentang Tuduhan Miring di Pilpres AS

Senin, 14 November 2016 - 11:26 WIB
Facebook Angkat Bicara Tentang Tuduhan Miring di Pilpres AS
Facebook Angkat Bicara Tentang Tuduhan Miring di Pilpres AS
A A A
NEW YORK - Beberapa kelompok di Amerika menuding Facebook memainkan peran untuk memenangkan Donald Trump dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS). Pasalnya sosial media besutan Mark Zuckerberg tersebut dianggap telah memerikan berita yang tidak berimbang dan lebih condong ke Donald Trump.

Melalui VP Product Management Facebook, Adam Mosseri akhirnya angkat bicara terhadap tuduhan yang berdatangan semenjak terpilihnya Trump pada pemilihan umum AS.

"Kami sangat serius menangani kesalahan informasi di Facebook. Kami menghargai komunikasi asli dan secara konsisten mendengarkan pengguna Facebook bahwa mereka tidak ingin melihat informasi palsu," ujar Adam, dilansir dari Business Insider, Senin (14/11/2016).

Dirinya menekankan, Facebook menggunakan berbagai sinyal berdasarkan tanggapan komunitas. Hal ini menentukan postingan yang kemungkinan berisi informasi.

"Penting bagi kami untuk tetap meningkatkan kemampuan mendeteksi informasi palsu. Kami tentu berkomitmen untuk terus menangani isu ini dan meningkatkan pengalaman di platform kami," tambah Adam.

Sebelumnya menurut sebagian pihak, algoritma jejaring sosial dari Facebook membuat orang tidak bisa menerima pemberitaan yang berimbang. Pada dasarnya algoritma News Feed pada Facebook dirancang berdasarkan ketertarikan seseorang.

Alhasil konten yang muncul pun disesuaikan dengan si pengguna. Hanya saja konten sistem tidak dapat membedakan konten tersebut dapat dipercaya kebenarannya atau tidak.

Karena itu, hampir mungkin seseorang hanya akan melihat konten yang sesuai dengan ketertarikannya meskipun hal itu palsu. Hal ini tentu berpengaruh pada pendapat seseorang karena diberi informasi yang sama terus-menerus.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5048 seconds (0.1#10.140)