alexa snippet

Para Astronot Bercocok Tanam di Luar Angkasa

Para Astronot Bercocok Tanam di Luar Angkasa
Demi masa depan manusia, Astronot bercocok tanam di luar angkasa. FOTO/ NASA
A+ A-
NEW YORK - Para astronot diharuskan bercocok tanam di Antariksa, peneliti NASA dan para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kini dilengkapi pengetahuan tentang cara bercocok tanam. Mereka harus melakukan hal itu, karena para peneliti luar angkasa yakin manusia akan hijrah ke luar angkasa.

Para astronot menggelar uji coba menanam cabai manis, slada, hingga gandum. Menurut Wakil Direktur Institut Medis dan Biologi, Vladimir Sychyov, berharap hasil uji coba tanaman di stasiun luar angkasa ini kelak dapat memenuhi kebutuhan koloni manusia di antariksa.

“Sebuah rumah kaca baru, Lada, akan dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, Desember nanti dan kami telah memulai sejumlah eksperimen baru. Percobaan pertama akan sangat sulit karena tanaman yang kami uji belum pernah ditanam di luar angkasa, yakni cabai manis,” kata Sychyov, seperti dilansir dari Popsci, Selasa (15/11/2016).

“Jika sukses, hal itu bakal berjalan baik. Setelah cabai, kami sepertinya bakal mencoba menanam gandum dan mungkin setelah itu selada,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan NASA mengenai rumah kaca Rusia di luar angkasa, kebun tersebut dapat memasok makanan segar bagi para kru Stasiun Luar Angkasa Internasional, tergolong mereka yang menjalankan misi berdurasi panjang seperti perjalanan ke Mars.

Bila berhasil, uji coba menumbuhkan tanaman di antariksa ini melanjutkan penelitian dan uji coba tentang pengiriman binatang ke luar angkasa yang sukses dilakukan.



(wbs)
dibaca 6.849x
loading gif
Top