Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Mobil Tiba-tiba Mogok saat Melintasi Rel Kereta

Kamis, 20 Juli 2023 - 07:19 WIB
loading...
Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Mobil Tiba-tiba Mogok saat Melintasi Rel Kereta
Ada penjelasan ilmiah mengapa mobil tiba-tiba mogok saat melintasi rel kereta api. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Kejadian kereta tabrak mobil bukan sekali terjadi. Tapi, sudah berulang kali terulang. Terbaru, menimpa truk trailer hingga menimbulkan ledakan dan kobaran api yang sangat dahsyat.

Peristiwa terjadi di perlintasan rel ganda berpalang pintu, Madukoro, Semarang dan langsung jadi berita berskala nasional. Masyarakat di dunia nyata maupun dunia maya sibuk membahas peristiwa ini. Tentu saja, diskusi yang hangat dibicarakan adalah: kondisi truk yang tiba-tiba mogok saat melintas di rel kereta. Mengapa peristiwa ini sering sekali terjadi?

Mobil sering tiba-tiba mogok mendadak di tengah rel kereta karena rel mengandung gaya elektrostatis yang bisa mengganggu kerja komponen mesin mobil. Elektrostatis timbul pada dua benda yang memiliki muatan listrik statis, dalam hal ini kereta dan relnya.

Kemudian, ketika ada suatu komponen elektronik lewat di antara keduanya, umumnya akan terpengaruh. Terlebih mobil sekarang sudah memakai ECU (Electronic Control Unit) dengan komponen mikro yang sangat sensitif.

Kerja ECU berusaha menyesuaikan tegangan baterai atau aki ketika beroperasi. Tegangannya sudah diatur tidak bisa lebih kecil atau besar. Ketika ECU terpapar gaya elektrostatis, akan timbul kekacauan tegangannya.

Saat tegangan ECU rendah atau tinggi dari ambang batasnya akan mengakibatkan mesin mobil mati, kemudian mogok, distarter pun sulit. Kondisi ini yang membuat mobil bisa terjebak di tengah perlintasan rel yang mengakibatkan tabrakan dengan kereta.



Kendaraan yang sering mogok saat melintasi rel kereta umumnya berbahan bakar bensin. Karena kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan platina atau Capasitor Discharge Ignition (CDI).

Saat terkena medan magnet yang besar dapat mempengaruhi proses pengapian CDI. Yang berakibat mesin mobil mati atau mogok.
Nah itulah mengapa banyak mobil yang tiba-tiba mogok saat melintasdirelkereta.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)