Jangan Beli Headphone Sebelum Baca Tips Ini

Minggu, 20 November 2016 - 17:13 WIB
Jangan Beli Headphone Sebelum Baca Tips Ini
Jangan Beli Headphone Sebelum Baca Tips Ini
A A A
BAGI Anda penyuka musik, headphone menjadi barang wajib untuk dimiliki. Karena aktivitas apapun dan kapanpun, terasa lebih nyaman saat didampingi dengan iringan musik favorit. Bahkan, sebagian besar orang terbiasa bekerja sambil mendengarkan musik, guna menambah semangat kerja.

Namun tahukah Anda, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kualitas suara sebuah headphone? Jika belum, mungkin beberapa tips di bawah ini mampu membantu Anda untuk memilah headphone yang baik dan berkualitas.

Kapan Headphone akan digunakan
Waktu penggunaan headphone juga berpengaruh pada tipe headphone yang digunakan. Jika anda lebih sering traveling atau sering menggunakan headphone di luar rumah maka sebaiknya memilih headphone yang kompatibel dengan perangkat mobile anda. Dan untuk anda yang sering menggunakan headphone di dalam ruangan , anda bisa memilih headphone yang berukuran bessar dengan kabel yang besar agar mendapat kualitas suara yang maksimal.

Pastikan alat pemutar musik dan musik yang digunakan
Pemutar musik juga sangat berpengaruh pada tipe headphone yang akan dipilih. Mengapa? Setiap perangkat memiliki protokol fitur yang berbeda. Misal, iPhone, ada baiknya jika Anda memilih headphone yang telah kompatibel dengan perangkat yang anda gunakan karena headphone yang didesain untuk iPhone tidak akan berfungsi secara sempurna di perangkat Android atau perangkat lainnya.

Desain dan kategori headphone
Desain dari headphone memiliki karakter tersendiri. Saat ini headphone dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu in-ear, on-ear, dan over-ear. In-ear headphone lebih cocok bagi yang tidak menggunakan aksesoris telinga seperti anting ataupun yang menggunakan kerudung. On-ear lebih cocok untuk mereka yang ingin menggunakan saat bepergianatau di luar rumah sedangkan over-ear untuk penggunaan di dalam ruangan atau di rumah.

Pilihlah headphone kabel atau nirkabel
Jika anda memiliki budget yang terbatas pilihan terbaik adalah headphone kabel . Keberadaan kabel yang siap menggantung di leher anda bisa menjadi aksesoris tambahan penampilan . Sedangkan headphone wireless dapat dipilih bagi Anda yang tidak mau repot ketika bepergian atau beraktivitas. Teknologi wireless yang digunakan pun harus diperhatikan, apakah menggunakan WiFi, Bluetooth atau gelombang radio.

Pilih Closed headphone atau Open headphone
Open Headphone memiliki desain earcup yang terbuka, sehingga udara dan tekanan dapat masuk ke bagian dalam headphone. Hal tersebut memungkinkan suara lebih natural, cocok untuk mendengarkan konser dan musik natural, tingkat isolasi suaranya rendah. Sedangkan Closed Headphone adalah kebalikannya. Ia tidak memiliki rongga udara sehingga suara terisolasi di dalam earcup dan sangat cocok untuk musik dengan bass yang kuat.

Selamat memilih headphone yang tepat sesuai dengan karakter yang anda inginkan…
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8745 seconds (0.1#10.140)