alexa snippet

Awas, Ada 3 Juta Smartphone Android Terkena Malware

Awas, Ada 3 Juta Smartphone Android Terkena Malware
Ada 3 juta perangkat smartphone Android yang sudah ditanami malware, bahkan yang baru dinyalakan yang keluar dari kardus (smartphone baru). Foto/Ilustrasi.
A+ A-
CALIFORNIA - Sistem operasi Android buatan Google saat ini memang sangat disukai oleh banyak konsumen pengguna teknologi khususnya smartphone. Sifatnya yang terbuka alias open source menjadi salah satu alasan bagi siapa saja bisa memodifikasi sistem operasi tersebut, baik dari segi tampilan, bahkan performanya.

Akan tetapi dibalik itu semua ternyata menyimpan suatu celah yang dimanfaatkan oleh beberapa pihak karena sifatnya yang open source, terutama para produsen smartphone. Seperti dilansir dari Wccftech, dikatakan ada 3 juta perangkat smartphone Android yang sudah ditanami malware. Bahkan yang baru dinyalakan yang keluar dari kardus (smartphone baru).

Hal ini terungkap dari hasil penelitian lembaga riset BitSight Technologies, yang mengatakan kalau kebanyakan smartphone buatan China yang sudah tertanam malware. Mereka menyebutkan temuan mereka diantaranya 26% smartphone buatan BLU berada di posisi pertama diikuti oleh Infinix sebanyak 11%, Dogee 8% kemudian Xolo dan Leagoo masing-masing 4%.

Sementara sisanya sebanyak 47% perangkat smartphone masih belum diketahui berasal dari pabrikan mana.  BitSight Technologies memaparkan malware yang tertanam pada 3 juta perangkat smartphone Android ini dapat mengendalikan perangkat tersebut secara jarak jauh. Bahkan bukan hanya itu, data dan informasi penting juga dapat dicuri.

Dari semua merek yang telah disebutkan tadi, saat ini beru BLU yang telah meluncurkan update untuk menutup celah malware. Akan tetapi belum dicoba apakah update tersebut benar-benar menutup akses malware yang telah tertanam. Solusi tambahan agar tetap aman, disarankan untuk tidak menggunakan jaringan internet yang tidak aman, seperti menggunakan WiFi publik. Untuk mengatasinya bisa menggunakan jaringan Virtual Private Network (VPN), semoga bermanfaat.



(dol)
dibaca 13.973x
loading gif
Top