alexa snippet

Trik Bedakan Aplikasi Asli dan Palsu

Trik Bedakan Aplikasi Asli dan Palsu
Ilustrasi Aplikasi. FOTO/ Daily
A+ A-
JAKARTA - Bukan sebuah rahasia lagi bila saat ini banyak aplikasi palsu yang beredar baik di Google Play Store maupun App Store. Keberadaan aplikasi palsu ini tentu saja dapat merugikan penggunanya jika diunduh keperangkat smartphone.

Pasalnya tak jarang aplikasi palsu yang beredar justru mengandung malware berbahaya yang dapat mencuri data penting si pengguna. Lalu bagaimana cara membedakan aplikasi asli atau palsu, dilansir dari CNET, Rabu (30/11/2016), berikut beberapa cara untuk membedakannya.

1. Periksa Pengembang Aplikasi


Biasakan untuk terlebih dahulu memeriksa nama pengembang aplikasi. Biasanya aplikasi palsuselalu menggunakan nama yang mirip untuk megecoh pengguna. Contohnya  Overstock.com (asli) dan Overstock Inc (palsu).

2. Tanggal Publikasi

Aplikasi palsu tentunya akan memiliki tanggal terbit terbaru. Pasalnya aplikasi palsu tentu saja baru akan hadir setelah berhasil menjiplak aplikasi populker yang sudah ada.

3. Periksa Ulasan

Aplikasi asli tentunya akan memiliki berbagai ulasan (review) positif. Sementara aplikasi palsu hampir tidak memiliki ulasan sama sekali.

4. Waspada Terhadap Diskon Belanja

Kedengarannya tentu sangat menggoda, tapi untuk mengetahui kebenarannya sebaiknya kunjungi langsung situs resmi aplikasi di browser kamu. Selanjutnya, cari ikon atau tombol yang bertuliskan "Dapatkan aplikasi kami". Disini Anda akan diarahkan ke App Store atau Google Play Store pada aplikasi yang asli.



(wbs)
dibaca 5.138x
loading gif
Top