alexa snippet

Sistem Transportasi AS Diserang Hacker

Sistem Transportasi AS Diserang Hacker
Ilustrasi Hacker/ Istimewa
A+ A-
SAN FRANCISCO - Sistem transportasi di San Francisco berhasil diretas, dan para peretas meminta tebusan senilai 100 Bitcoin atau senilai USD 70.000 atau setara Rp 946 miliar untuk jaminan.

Untuk menghindari serangan hacker tersebut, para staf mematikan seluruh layanan mesin tiket. Sementara itu, seluruh komputer yang terhubung dengan jaringan transportasi San Francisco menampilkan sebuah pesan dari peretas, termasuk layar yang ada di stasiun.

"Kamu telah diretas, seluruh data sudah terenkripsi. Kontak untuk kunci (cryptom27@yandex.com)ID:681, Enter," kata si peretas dalam pesannya yang tampilkan di layar seperti dilansir dari BBC, Rabu (30/11/2016).

Pemerintah Kota San Francisco langsung melakukan investigasi mendalam terkait hal ini. "Karena masih diinvestigasi, kami belum bisa menyediakan detail informasi tentang kejadian ini," ujar juru bicara itu menambahkan.

Langkah Pemkot San Francisco, pada Minggu (27/11/2016) waktu setempat, terbilang tepat dengan mencadangkan seluruh mesin tiket.

Akibatnya Kereta masih berjalan seperti biasanya. "Tak ada dampak untuk layanan kereta, keamanan sistem, dan informasi pribadi pengguna aman di data kami," tutur juru bicara pemerintah kota.

Media lokal Hoodline menyebut, peretas telah menghadirkan deretan mesin yang diklaim telah diretas. Menurut mereka, ada 2.000 mesin yang telah diretas



(wbs)
dibaca 3.022x
loading gif
Top