alexa snippet

Investor Desak Samsung Pecah Perusahaan Menjadi Dua

Investor Desak Samsung Pecah Perusahaan Menjadi Dua
Samsung Electronics sepertinya sedang sibuk memikirkan dorongan yang datang dari pihak internal dalam hal kontrol perusahaan. Foro/Ilustrasi.
A+ A-
SEOUL - Samsung Electronics sepertinya sedang sibuk memikirkan dorongan yang datang dari pihak internal. Pasalnya beberapa investor meminta agar perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut dibagi menjadi dua unit holding guna meningkatkan keuntungan pemegang saham. 

Selain itu, Samsung pun mengumumkan rencana untuk meningkatkan deviden dan akan membeli kembali saham yang telah diterbitkan (buyback). Dimana tekanan yang ada terus memuncak pasca kegagalan Galaxy Note 7.

Menyikapi berbagai tekanan yang ada, Samsung sendiri telah menunjuk penasehat eksternal untuk merumuskan struktur perusahaan yang optimal. Alhasil perusahaan dikabarkan akan mencalonkan anggota dewan direksi independen serta menciptakan komite pemerintahan terpisah agar lebih optimal.

Group Samsung sendiri saat ini memiliki banyak afiliasi, mulai dari industri berat, pengiriman, dan bisnis asuransi. Dengan struktur yang ada investor merasa kesulitan untuk menilai valuasi perusahaan.

Dengan memecah perusahaan menjadi dua diharapkan dapat mempermudah evaluasi perusahaan. Cara ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak kontrol bagi keluarga pendiri Samsung yang memimpin perusahaan. Demikian dilansir dari BBC, Kamis (1/12/2016).



(dol)
dibaca 4.981x
loading gif
Top