alexa snippet

Kawasaki Pastikan Tenaga Ninja Elektrik Lebih Kuat

Kawasaki Pastikan Tenaga Ninja Elektrik Lebih Kuat
Desain Ninja Elektrik. FOTO/Morebike
A+ A-
TOKYO - Kawasaki sedang menyiapkan sebuah sportbike baru dengan dukungan tenaga listrik.  Mesin elektrik tersebut siap dipasangkan di  Ninja 300, bahkan Kawasaki memastikan mesin motor listrik tersebut sangat kuat untuk penggeraknya.

Seperti dilansir dari Morebikes, Jumat (2/12/2016), saat ini muncul pula sketsa dari pabrik yang menunjukkan skema sistem pendingin untuk motor elektriknya. Sistem pendinginan minyak itu berfungsi memastikan suhu motor listrik tetap stabil.

Biarpun begitu, perincian tentang bagaimana suhu motor dapat dipertahankan pada rpm tinggi masih dirahasiakan. Deskripsi pada desain radiator dan pompa minyak di sekeliling bagian luar alat ganti yang bergerak, menunjukkan sepeda motor tersebut dilengkapi sebuah tangki minyak palsu.

Sementara baterai yang menggerakkan sistem ditempatkan pada bagian atas sketsa sepeda motor untuk menyimbangkan berat motor listrik tersebut. Aspek pendinginan juga datang dari sebuah ram udara yang mengalirkan udara dengan cepat pada bagian atas baterai.

Sketsa ini juga menunjukkan bahwa ia cocok digunakan untuk kendaraan hibrida bersama sebuah mesin bensin yang kecil.

Kelebihan dari sistem ini adalah Kawasaki bisa mengembangkan mesin yang beroperasi pada powerband yang sempit  atau terfokus (karena ada sistem transmisi) dibandingkan dengan mesin listrik biasa yang tersebar. Keuntungannya adalah performa tenaga dan daya tahan batterai akan jauh lebih baik dibandingkan mesin listrik biasa.

Kawasaki juga sudah mengantinsipasi perkawinan sistem ini dengan mematenkan teknologi oil pump untuk sistem pendinginan yang baru. Karena ada gearbox yang harus dilubrikasi, smart system akan mengalirkan oli ke transmisi terlebih dahulu meskipun masih stationer.



(wbs)
views: 8.834
loading gif
Top