Waspada Spam dari Kalender iPhone Data Anda Bisa Diretas

Selasa, 06 Desember 2016 - 08:25 WIB
Waspada Spam dari Kalender iPhone Data Anda Bisa Diretas
Waspada Spam dari Kalender iPhone Data Anda Bisa Diretas
A A A
CALIFORNIA - Serangan spam tidak hanya menyerang Android, tapi juga iOS. Yang terbaru adalah spam calendar invite yang hadir lewat undangan di kalender ponsel. Spam ini berupaya mengeksploitasi lemahnya proses otomatisasi aplikasi kalender milik Apple yang akan mengekstrak secara otomatis sebuah undangan untuk menanyakan kehadiran.

”Biasanya pengguna akan dengan mudah untuk menekan ’tidak’, agar undangan tersebut tidak tersimpan di kalender ponsel mereka. Ternyata, hal ini memiliki ancaman yang besar,” beber Tony Anscombe, senior security evangelist di Avast:

Nah, setelah tombol ”tidak” itu ditekan, spam dari cybercriminal itu akan berupaya mengkonfirmasi bahwa email pengguna aktif. Secara otomatis browser akan terbuka ke webiste yang berupaya memvalidasi alamat email tertentu. Setelah itu, pengguna juga diminta memasukkan username dan password lewat serangan phising. Terkadang berbentuk seperti proses log in ke akun sosial media biasa.

Setelah itu, pengguna berupaya untuk menargetkan serangan yang lebih spesifik lagi. Jika mereka memiliki data termasuk password yang telah terenkripsi, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk mendekripsinya.

”Kami mengimbau agar pengguna yang mendapat spam seperi ini melindungi akun mereka dengan password yang lebih kuat. Untuk pengguna Mac, bisa juga menginstal anti virus seperti Avast Free Mac Security yang juga memberi perlindungan terhadap serangan phising,” ungkapnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1196 seconds (0.1#10.140)