10 Perang yang Terlupakan dalam Sejarah

Jum'at, 28 Juli 2023 - 06:15 WIB
loading...
10 Perang yang Terlupakan dalam Sejarah
Perang Penobscot merupakan salah satu perang yang kerap dilupakan dalam sejarah. Foto/warfarehistorynetwork
A A A
JAKARTA - Salah satu kebenaran menyedihkan tentang ras manusia kecil adalah, terlalu sering, tidak menyukai satu sama lain. Ini berlaku untuk si kecil dan kepala negara secara setara. Tentu saja ketika yang terakhir tidak menyukai satu sama lain, seringkali hasilnya adalah perang .

Semua tahu pertempuran terkenal yang diagungkan oleh buku-buku sejarah: Gettysburg, Bunker Hill, Iwo Jima, dan sejenisnya. Tapi tidak semua pertempuran diciptakan sama.
Beberapa terkubur di benak segelintir orang yang memesan atau berpartisipasi di dalamnya. Bukan karena ceritanya tidak menarik; hanya saja seseorang yang tinggi tidak ingin mendengarnya, karena satu dan lain alasan politik.

Berikut adalah 10 perahg yang kerap dilupakan dalam sejarah manusia.

10. Kanada vs Kroasia

10 Perang yang Terlupakan dalam Sejarah

Foto/https://www.veterans.gc.ca/

Pada tahun 1993 ketika bekas Yugoslavia hancur, PBB dikirim untuk menjaga agar berbagai kelompok etnis tidak saling membunuh. Sebuah kontingen Kanada menjadi bagian dari pasukan PBB yang memisahkan pasukan militer Kroasia dan Serbia.

Orang Kroasia benar-benar ingin memindahkan orang Serbia keluar dari area tersebut, dan tidak terlalu memikirkan orang Kanada yang mencegah mereka melakukannya.

Ketika Kroasia menyerang, aksi yang dihasilkan adalah pertempuran terbesar yang diikuti pasukan Kanada sejak Perang Korea. Profesionalisme dan kemampuan pasukan Kanada untuk mengalahkan kekuatan musuh yang lebih besar 3-1, dan pergi tanpa korban yang fatal, seharusnya menjadi kebanggaan dan kegembiraan pemerintah Kanada.

Pertempuran itu seharusnya dipublikasikan ke dunia untuk menunjukkan bahwa pasukan PBB adalah kekuatan yang harus diperhitungkan, yang tidak dapat dipaksakan, kekuatan yang harus dihormati oleh pihak-pihak yang bertikai, seperti kelompok-kelompok yang berselisih di Yugoslavia.

Tetapi Perdana Menteri Kanada saat itu, Jolly Jean Chretien, membuat perintah bungkam selama sembilan tahun, secara efektif menutupi pertunangan karena partai yang berkuasa takut dengan reaksi publik Kanada dan komunitas besar Kroasia di Kanada.


9. Perang Rahasia Roosevelt

10 Perang yang Terlupakan dalam Sejarah

Foto/warfarehistorynetwork

Pada 1941 melihat Perdana Menteri Winston Churchill dan Inggris melawan Nazi sendirian. Baru setelah Jepang membom Pearl Harbor, Amerika secara resmi memasuki perang.

Namun berbulan-bulan sebelum serangan Pearl Harbor, Presiden Franklin Roosevelt memulai perang rahasia melawan U-boat Nazi, sebagai tanggapan atas serangan Jerman terhadap kapal-kapal di Atlantik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)