Intelijen AS Sebut China Kemungkinan Pasok Teknologi untuk Militer Rusia

Jum'at, 28 Juli 2023 - 21:29 WIB
loading...
Intelijen AS Sebut China Kemungkinan Pasok Teknologi untuk Militer Rusia
Intelijen AS sebut China kemungkinan memasok teknologi untuk militer Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - China membantu Rusia menghindari sanksi Barat dan kemungkinan memberi Moskow teknologi militer dan penggunaan ganda untuk digunakan di Ukraina. Begitu bunyi laporan intelijen Amerika Serikat (AS) yang dirilis pada Kamis waktu setempat.

Penilaian oleh Kantor Direktur Intelijen Nasional (ODNI) diterbitkan oleh Komite Intelijen Permanen Dewan Perwakilan Rakyat AS.

China telah berulang kali membantah mengirim peralatan militer ke Rusia sejak invasi habis-habisan Moskow ke Ukraina pada Februari 2022.

“RRC menyediakan beberapa teknologi penggunaan ganda yang digunakan militer Moskow untuk melanjutkan perang di Ukraina, meskipun ada sanksi internasional dan kontrol ekspor,” bunyi laporan ODNI.



"Catatan pabean menunjukkan perusahaan pertahanan milik negara RRC mengirimkan peralatan navigasi, teknologi jamming, dan suku cadang jet tempur ke perusahaan pertahanan milik pemerintah Rusia yang dikenai sanksi," kata laporan itu seperi dilansir dari Channel News Asia, Jumat (28/7/2023).

ODNI juga mengatakan China telah menjadi "mitra yang lebih kritis" dari Rusia setelah Moskow menginvasi Ukraina tahun lalu.

ODNI mengatakan China dan Rusia telah meningkatkan pangsa perdagangan bilateral yang diselesaikan dalam mata uang yuan China, dan lembaga keuangan kedua negara memperluas penggunaan sistem pembayaran domestik mereka.

"China telah meningkatkan impor ekspor energi Rusia, termasuk minyak dan gas yang dialihkan dari Eropa," kata laporan itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)