Langkah-langkah Memanaskan Mobil yang Benar

Minggu, 18 Desember 2016 - 07:01 WIB
Langkah-langkah Memanaskan Mobil yang Benar
Langkah-langkah Memanaskan Mobil yang Benar
A A A
BAGI pemilik kendaraan memanaskan mesin menjadi hal rutin yang harus dilakukan. Terutama mobil yang sudah lama tidak dikendarai.

Namun, tidak semua orang melakukan langkah memanaskan mobil dengan benar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, masukkan kunci kendaraan ke lubang starter (kecuali kendaraan yang sudah menggunakan teknologi kunci remote otomatis/tombol start). Sebelum mesin dinyalakan pastikan AC dan tipe/audio dalam keadaan mati.

1
Hal ini perlu diperhatikan agar aki kendaraan terisi penuh saat di-starter, dan tidak terbagi-bagi ke bagian lain, sehingga putaran mesin bekerja maksimal.

Adapun waktu yang dibutuhkan memanaskan mesin kurang lebih 2-5 menit. Hal ini untuk membantu sirkulasi pelumas melumuri seluruh sisi ruang komponen di dalam mesin.

Sehingga, saat mobil digunakan seluruh komponen mesin aman dari gesekan atau benturan karena sudah tidak ada lagi ruang yang belum terlumur pelumas.

Saat memanaskan mobil yang sudah lama tidak dikendarai sesekali kita perlu menginjakan gas secara dalam agar kotoran di sela-sela mesin atau pipa-pipa enjeksi bisa dikeluarkan ke bagian pembuangan.

Jika langkah ini dilakukan dengan rutin, mesin kendaraan Anda akan terpelihara dengan baik dan terhindar dari kerusakan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2987 seconds (0.1#10.140)