40 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Senin, 31 Juli 2023 - 13:26 WIB
loading...
40 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Dunia,  Ada Tetangga Indonesia
Dari daftar 40 negara dengan tingkat kemiskinan tertinggi di dunia, ada salah satu benua yang mendominasi dan ada juga yang lokasinya bertetangga dengan Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kemiskinan terburuk masih terjadi di belahan dunia, akibat pelemahanekonomi. 33 dari 40 negara dengan tingkat kemiskinan tertinggi didominasi Afrika , karena keadaan ekonomi benua tersebut yang tidak stabil.



Menurut ISS Afrika, Afrika Tengah memiliki tingkat kemiskinan ekstrem tertinggi, dengan rata-rata 54,8%. Menyusul kemudian Afrika Selatan dan Afrika Barat, dengan tingkat kemiskinan masing-masing 45,1% dan 36,8%.



Sesuai data Indikator Pembangunan Dunia, tingkat kemiskinan ekstrem di Afrika pada tahun 1981 mencapai 43,1% atau melewati rata-rata global 42,8%. Beberapa dekade berikutnya ada perubahan kondisi keuangan dunia, dimana tingkat kemiskinan ekstrem global turun menjadi hampir 6% di 2015.

Namun sebaliknya di Afrika, bahkan setelah perbaikan mencapai 35,5% yang setara hampir 7 kali lebih tinggi dari rata-rata global.

Peran Perusahaan dalam Mengurangi Kemiskinan

Kemiskinan menyebabkan masyarakat menjadi buta huruf dan membuat aksesnya terbatas secara intelektual, yang pada akhirnya membatasi tenaga kerja terampil. Oleh karena itu, pengentasan kemiskinan sangat penting, terutama jika negara-negara ini ingin memberdayakan masyarakat.

Dalam hal ini, selain dari pemerintah negara-negara yang memiliki tingkat kemiskinan terburuk di dunia, beberapa perusahaan juga bertanggung jawab untuk memimpin.

Metodologi
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3705 seconds (0.1#10.140)