Akhirnya, Volkswagen Group Setuju Bayar Denda ke AS

Rabu, 21 Desember 2016 - 00:03 WIB
Akhirnya, Volkswagen Group Setuju Bayar Denda ke AS
Akhirnya, Volkswagen Group Setuju Bayar Denda ke AS
A A A
BERLIN - Volkswagen AG setuju untuk membayar lebih dari USD200 juta atau sekira (Rp27 triliun lebih) untuk mengurangkan pencemaran alam yang disebabkan oleh mesin diesel. Ini adalah sebagai salah satu syarat dalam persetujuan yang dibuat untuk menyelesaikan isu lebih dari 80,000 kenderaan yang terlibat skandal dieselgate.

Persetujuan tersebut akan diumumkan minggu ini, dan keputusan ini merupakan jumlah tambahan dari USD2.7 bilion yang disetujui akan dibayar oleh Volkswagen untuk menyelesaikan isu yang sama pada 475,000 dalam kasus yang sama.

Hakim pengadilan Amerika Seikat, Charles Breyer berkata kesemua pihak telah menunjukkan “kemajuan yang besar dan saya optimistik bahawa akan ada jalan penyelesaian.” tuturnya seperti dilansir dari Reuters.

Tak hanya di AS, dampak skandal emisi mesin 'dieselgate' digugat oleh pemerintah Korea Selatan. Komisi Keadilan Perdagangan (FTC) mengatakan akan menindaklanjuti pemberhentian semua penjualan Volkswagen di negara itu sejak bulan Agustus 2016. FTC mengatakan mereka akan meminta jaksa untuk menyelidiki eksekutif termasuk wakil presiden penjualan Audi di Amerika, André Konsbruck.

Menurut FTC, Volkswagen membuat "pernyataan yang salah, berlebihan dan menyesatkan" dalam iklan mereka. Volkswagen mengiklankan mobil mereka sebagai kendaraan ramah lingkungan yang mematuhi standar polusi udara, tetapi sebenarnya memiliki alat yang dapat mengelabui tes yang dilakukan pemerintah, kata FTC.

Audi Volkswagen Korea (AWK) menyatakan sejauh ini belum diberitahu secara resmi oleh komisi tersebut sehubungan gugatan itu. "AVK berkomitmen untuk membangun kembali kepercayaan pada pemerintah, pelanggan dan pemegang saham di Korea," kata wakilnya dalam satu pernyataan yang dibuat.

Sebelumnya, Pemerintah Korea Selatan mencatat sebanyak 79 ribu mobil VW Group terkena dampak skandal emisi. Akibat masalah tersebut, pemerintah mengeluarkan dana untuk memperbaiki masalah tersebut kepada konsumen VW di Korea Selatan.

Meski demikian seorang pejabat eksekutif VW di Korea selatan juga terkena dakwaan terhadap pemalsuan dokumen yang mengatur tingkat emisi serta tingkat kebisingan yang pernah diajukan ke pemerintah pada 2010.

Akhir tahun VW telah didenda sebesar USD16 juta akibat masalah dieselgate. Penjualan VW juga terus mengalami penuruan di Korea Selatan, pada semester I-2016, produsen asal Jerman hanya membukukan angka penjualan sebanyak 12.463 unit atau mengalami penurunan sebesar 33%.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8852 seconds (0.1#10.140)