Negara-negara dengan Bendera Merah-Putih-Biru, Salah Satunya Sedang Perang

Rabu, 02 Agustus 2023 - 14:13 WIB
loading...
Negara-negara dengan Bendera Merah-Putih-Biru, Salah Satunya Sedang Perang
Belanda, salah satu dari banyak negara yang mengadopsi bendera dengan trio warna; merah-putih-biru. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada banyak negara dengan warna dasar bendera nasional merah, putih, dan biru. Salah satunya adalah Rusia, negara yang sekarang sedang berperang dengan Ukraina.

Bendera dengan trio warna merah-putih-biru juga memiliki kesan tersendiri bagi Indonesia. Sebab, itu merupakan warna bendera Belanda—negara yang menjajah Indonesia ratusan tahun.

Daftar Negara dengan Bendera Merah-Putih-Biru

1. Amerika Serikat


Bendera nasional Amerika Serikat dikenal sebagai "The Stars and Stripes" atau "Bintang dan Garis-Garis".

Bendera ini terdiri dari tiga belas garis horizontal bergantian, dengan tujuh garis merah dan enam garis putih. Di bagian kiri atas, terdapat persegi biru yang disebut "Union" dengan lima puluh bintang putih yang mewakili lima puluh negara bagian di Amerika Serikat.



Desain bendera ini pertama kali diadopsi pada 14 Juni 1777, dan sejak saat itu, telah mengalami beberapa perubahan ketika negara bagian baru bergabung dengan Amerika Serikat.

Saat ini, bendera ini menjadi simbol nasional yang sangat penting, mewakili prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang dipegang oleh bangsa Amerika.

Bendera Amerika Serikat juga memiliki protokol penggunaan yang ditentukan. Di Amerika Serikat, mengangkat bendera menjadi tindakan hormat yang sering dilakukan pada momen-momen berarti, seperti Hari Kemerdekaan (4 Juli) dan Hari Memorial (hari untuk menghormati para pahlawan militer Amerika).

2. Rusia


Bendera nasional dari negara yang sedang berperang dengan Ukraina ini memiliki desain horizontal dengan warna putih atas, biru tengah, dan merah di bawah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)