AISI Dorong Perbaikan Data Sepeda Motor

Selasa, 27 Desember 2016 - 19:03 WIB
AISI Dorong Perbaikan Data Sepeda Motor
AISI Dorong Perbaikan Data Sepeda Motor
A A A
JAKARTA - Jumlah sepeda motor yang berada di Indonesia terus mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Bahkan dari data sepeda motor yang terdaftar di Polri, populasi sepeda motor di Indonesia telah menembus angka 90 juta unit.

Namun Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, angka ini masih perlu diperbaiki. Pasalnya angka ini tidak sesuai dengan jumlah sepeda motor secara real yang beredar di jalan saat ini.

"Total populasi sepeda motor mencapai 90 juta unit, itu yang teregistrasi. Yang berkeliaran di jalan sesungguhnya tidak sampai 90 juta. Karena selama ini banyak tumpang tindih pelaporan, dan itu masih dicatat. Motor yang sudah mati pun masih dicatat," ujar Gunadi dalam diskusi “Industi Otomotif di Indonesia”, belum lama ini, di Jakarta, Selasa (27/12/2016).

Gunadi menyarankan sebaiknya ada perbaikan agar data yang ada saat ini menerima pembaharuan dan tentunya proses penyaringan yang lebih cermat. Selain itu, data-data tentang nomor sepeda motor yang sudah mati juga harus ditertibkan agar tidak disalahgunakan.

"Tentu ini harus dibenahi agar datanya lebih akurat," tandasnya

Dari data AISI, saat ini 77 persen pasar sepeda motor di Indonesia dikuasai oleh model skuter matik (skutik), sementara 12 persennya didapat model sport. Sementara kontribusi motor bebek terus merosot, hanya tinggal 11 persen.

Sedangkan peredaran sepeda motor yang ada saat ini 95 persen diisi oleh para anggota AISI dengan produk buatan dalam negeri. Anggota AISI sendiri diantaranya Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, dan TVS.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7793 seconds (0.1#10.140)