Dirancang Drone Ambulan untuk Tangani Pasien Darurat

Kamis, 05 Januari 2017 - 11:20 WIB
Dirancang Drone Ambulan untuk Tangani Pasien Darurat
Dirancang Drone Ambulan untuk Tangani Pasien Darurat
A A A
JAKARTA - Pada awalnya drone atau pesawat tak berawak dirancang sebagai alat pengintai. Namun seiring perkembangan, fungsi drone kini mulai berubah.

Saat ini, kebanyakan orang bergeser memanfaatkan drone untuk urusan fotografi. Namun, baru-baru ini perusahaan asal Texas, Amerika Serikat (AS), Argodesign merancang drone ambulan untuk keperluan medis.

Fungsi drone ambulan ini adalah untuk memangkas waktu menunggu dan menyelematkan nyawa. Jadi drone ini akan dikirim secara cepat ke tempat darurat. Di mana alat canggih ini akan mengirimkan teknisi medis darurat (EMT) untuk memberikan bantuan, sebelum pasien diterbangkan ke rumah sakit.

"Jelas, pasien tidak akan ditangani secara menyeluruh ketika drone ambulan datang. Namun cara ini setidaknya dapat memangkas waktu lebih cepat. Selain itu, lebih menyenangkan dapat melihat drone dimanfaatkan untuk hal-hal seperti ini bila dibandingkan fungsi militer atau fotografi," ujar Founder Argodesign, Mark Rolston, dilansir dari Daily Mail, Kamis (5/1/2017).

Drone ini sendiri dimodelkan pada quadcopter standar, dan didorong oleh GPS, pilot, atau kombinasi dari keduanya. Ide ini lahir ketika tim Argodesign berpikir bagaimana caranya perawatan kesehatan bisa menjadi lebih mudah diakses.

Pertama, para desainer berpikir tentang bagaimana membuat ambulan mengumudi sendiri, yang memicu mereka untuk memikirkan drone ambulan. Saat ini, drone ambulansendiri masih sebatas model konsep. Belum ada penjelasan pasti kapan drone ini akan diluncurkan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6801 seconds (0.1#10.140)