Sistem Kelistrikan Bermasalah, Hyundai dan Kia Tarik Kembali 92.000 Unit Mobil

Minggu, 06 Agustus 2023 - 07:25 WIB
loading...
Sistem Kelistrikan Bermasalah, Hyundai dan Kia Tarik Kembali 92.000 Unit Mobil
, Hyundai dan Kia Tarik Kembali 92.000 Unit Mobil. FOTO/ CARSCOOPS
A A A
NEW YORK - Produsen mobil asal Korea Selatan Hyundai Motor dan Kia menarik hampir 92.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) karena berisiko timbulkan kebakaran.



Recall ini mempengaruhi beberapa model karena adanya masalah pada komponen kelistrikan pada pompa oli transmisi yang dikhawatirkan overheat.

BBC melaporkan, perusahaan menyarankan pemilik untuk memarkir kendaraan mereka di luar dan jauh dari gedung sampai siap untuk diperiksa.

Insiden tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian penarikan kendaraan Hyundai dan Kia terkait kebakaran selama beberapa tahun terakhir.

Mengenai penarikan kembali, Kia mengatakan menarik kembali 40.000 kendaraan dari model Soul, Sportage dan Seltos terbaru menyusul enam laporan insiden panas tetapi tidak ada kecelakaan atau cedera.

Hyundai menarik kembali 52.000 kendaraan dari model terbaru Elantra, Sonatas, Tucsons, Konas dan Palisades dan juga mengatakan memiliki empat laporan serupa tetapi tidak ada kecelakaan, cedera atau kematian yang tercatat karena masalah tersebut.

Menurut Hyundai, selain risiko kebakaran, kerusakan akibat panas dapat memicu korsleting yang berdampak pada pengendali kendaraan lainnya.

“Pemilik disarankan untuk parkir di luar dan jauh dari struktur sampai perbaikan selesai,''

"Pengontrol elektronik untuk rakitan pompa oli mungkin berisi komponen listrik yang rusak dan dapat menyebabkan pompa menjadi terlalu panas," kata Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS.

Pemilik kendaraan dilaporkan akan dihubungi pada akhir September dan dealer akan memeriksa dan mengganti pengontrol pompa oli listrik jika perlu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4591 seconds (0.1#10.140)