alexa snippet

WhatsApp dan Facebook Paling Banyak Kena Blokir

WhatsApp dan Facebook Paling Banyak Kena Blokir
Logo WhatsApp dan Facebook. FOTO/ Daily
A+ A-
CALIFORNIA - Bukan hal baru bila beberapa negara melakukan pemblokiran terhadap aplikasi jejaring sosial. Belum lama ini, Freedom House membeberkan setidaknya terdapat beberapa aplikasi yang diblokir oleh sejumlah negara.

Uniknya dalam hal ini Facebook dan WhatsApp menjadi aplikasi jejaring sosial yang paling banyak diblokir.

Sebagaimana dilansir dari Business Insider, Selasa (10/1/2017), WhatsApp saat ini telah diblokir oleh 12 negara. Sementara pengguna Facebook menduduki posisi teratas  yang paling banyak dipenjara di 27 negara.

Dalam hal ini sebenarnya tidak hanya jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg saja yang pernah kena blokir. Berdasarkan data Freedom House, nama-nama jejaring sosial lain seperti Twitter, Youtube, Telegraph, dan Skype pun turut mengalami hal serupa.

Dalam hal ini Twitter telah diblokir di tujuh negara, YouTube dilarang di enam negara, Telegram dilarang di empat negara, dan Skyp diblokir di tujuh negara.

Dari data yang ada, penyebab aplikasi ini dilarang lantaran dianggap dapat mengganggu keamanan nasional. Selain itu, cara ini menjadi salah satu cara untuk melindungi perusahaan telekomunikasi di masing-masing negara.

Adapun beberapa negara yang diketahui telah dan pernah memblokir WhatsApp adalah Vietnam, Iran, Pakistan, Turki, dan Iran.



(wbs)
views: 4.036
loading gif
Top