Jejaring Sosial Pemicu Utama Frustrasi Pengguna Internet

Selasa, 17 Januari 2017 - 06:05 WIB
Jejaring Sosial Pemicu Utama Frustrasi Pengguna Internet
Jejaring Sosial Pemicu Utama Frustrasi Pengguna Internet
A A A
JAKARTA - Kehadiran jejaring sosial telah mengubah persepsi tentang kehidupan menjadi sebuah cara untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Namun, berdasarkan hasil penelitian terbaru dari Kaspersky Lab menunjukkan ternyata jejaring sosial membuat banyak pengguna merasa negatif.

Keinginan untuk mendapatkan like sebanyak mungkin memainkan peran sentral dalam hal ini, dengan mayoritas pengguna merasa sedih atau marah ketika mereka tidak mendapatkan banyak likes terhadap posting seperti yang mereka harapkan. Dalam hal ini sebanyak 42% responden mengatakan merasa cemburu ketika teman-teman mereka mendapatkan lebih banyak likes dibandingkan mereka. Selain itu, penelitian menunjukkan banyak pengguna merasa iri ketika mereka melihat kehidupan teman mereka yang lebih bahagia di jejaring sosial.

"Hubungan yang kita miliki dengan jejaring sosial telah berkembang menjadi sebuah lingkaran setan. Kita ingin mengunjungi platform sosial favorit untuk berbagi ke semua koneksi dalam jaringan tentang hal-hal positif yang kita lakukan yang membuat kita merasa baik," ujar kata Evgeny Chereshnev, Head of Social Media di Kaspersky Lab dalam keterangan resminya, Senin (16/1/2017).

Dari survei yang dilakukan terhadap 16.750 orang di seluruh dunia, Kaspersky Lab mendalami rasa frustrasi pengguna terhadap jejaring sosial. Kebanyakan pengguna lebih sering mengalami emosi negatif setelah menghabiskan waktu di jejaring sosial karena berbagai alasan, dan ini mengalahkan efek positif dari jejaring sosial.

Kebanyakan orang (65%) menggunakan jejaring sosial untuk tetap berhubungan dengan teman dan kolega serta melihat pos yang menghibur dan lucu (60%). Pengguna juga mencurahkan banyak waktu untuk membuat profil digital mereka dan mengisinya dengan segala macam momen positif, mengunggah hal-hal yang membuat mereka tersenyum (61%), dan mengatakan teman-teman di jaringan mereka tentang saat-saat menyenangkan yang mereka alami selama liburan (43%).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4865 seconds (0.1#10.140)