Perjalanan Karier Militer dan Politik Prabowo Subianto, Eks Danjen Kopassus yang Menjabat Menteri Pertahanan RI

Senin, 14 Agustus 2023 - 11:21 WIB
loading...
Perjalanan Karier Militer dan Politik Prabowo Subianto, Eks Danjen Kopassus yang Menjabat Menteri Pertahanan RI
Prabowo Subianto merupakan purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan Indonesia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Prabowo Subianto merupakan purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan Indonesia. Namanya di dunia militer dan politik tentu sudah tidak asing lagi.

Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Dia adalah putra dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar.

Prabowo memiliki perjalanan panjang dalam karier militer maupun politiknya. Berikut ulasannya yang bisa disimak.

Karier Militer Prabowo Subianto


Jauh sebelum terjun ke dunia politik, Prabowo telah berkecimpung di militer. Prabowo mendaftar di Akademi Militer (Akmil) Magelang dan lulus pada tahun 1974.

Mengawali dengan pangkat Letnan Dua, Prabowo mulai membangun karier militernya secara perlahan. Sekitar tahun 1976, dia bertugas sebagai Komandan Peleton Grup I Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha).



Saat itu, pasukan tersebut menjadi salah satu bagian dari operasi Tim Nanggala di Timor Timur. Menariknya, Prabowo yang masih berumur 26 tahun waktu itu menjadi komandan termuda dalam operasi Tim Nanggala.

Sempat menjadi Komandan Komando Grup 1 Kopassandha, Prabowo ditunjuk menjadi Wakil Komandan Detasemen 81 Kopassus pada 1983. Sekitar 1987, dia telah menjadi Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara Kostrad.

Pada 1993, Prabowo kembali ke Korps Baret Merah. Kali ini, dia ditugaskan sebagai Komandan Grup 3. Tak lama setelahnya, dia ditunjuk untuk menjadi Wakil Komandan Jenderal Kopassus.

Namanya semakin dikenal ketika menjadi Danjen Kopassus pada 1995. Di eranya ini, beberapa kali Korps Baret Merah mencatatkan pencapaian misi gemilang, seperti Operasi Mapenduma.

Puncak karier militer Prabowo Subianto didapat ketika menjadi Panglima Kostrad pada 1998 dengan pangkat Letnan Jenderal (bintang tiga). Namun, jabatan ini ditempatinya hanya sebentar. Setelahnya, dia mengisi posisi Dansesko ABRI.

Karier Politik Prabowo Subianto


Kandas di militer, Prabowo mulai menggeluti dunia politik. Dia masuk Partai Golkar pada tahun 2004.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)