BMW Kembangkan Teknologi Pengisian Baterai

Senin, 28 Juli 2014 - 08:41 WIB
BMW Kembangkan Teknologi Pengisian Baterai
BMW Kembangkan Teknologi Pengisian Baterai
A A A
MUNICH - BMW dilaporkan tengah mengembangkan teknologi pengisian baterai nirkabel untuk digunakan pada mobil i3 dan i8. Selain mobil listrik, model yang bakal terbantu dengan teknologi ini adalah X5, yang akan meluncur akhir tahun.

Dilansir dari Worldcarfans, teknologi pengisian induktif ini sedang dikembangkan bersama Daimler AG. Sistem tersebut terdiri dari dua komponen, kumparan pengisian di lantai mobil dan pelat lantai yang dilengkapi coil.

Secara teori, pengemudi hanya perlu memarkir mobil di tempat pengisian baterai, sehingga dua kumparan berdekatan langsung satu sama lain dan energi listrik ditransmisikan melalui medan magnet yang dihasilkan.

BMW mengklaim efisiensi sistem ini berada pada kisaran 90%, dan mampu mengisi penuh dari keadaan kosong dalam waktu 3 jam. Memangkas sekitar 5 jam dari stasiun pengisian standar yang biasanya membutuhkan waktu antara 7-9jam, dan dapat digunakan dalam semua kondisi cuaca.

Perkembangan lebih lanjut, ada rencana untuk mengintegrasikan sistem dengan smartphone, yang memungkinkan pemilik memeriksa daya baterai dan melihat berapa lama sisa waktu pengisian sampai selesai.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5754 seconds (0.1#10.140)