Awas Penipuan Scammers Korban MH17

Kamis, 24 Juli 2014 - 10:02 WIB
Awas Penipuan Scammers Korban MH17
Awas Penipuan Scammers Korban MH17
A A A
CALIFORNIA - Baru-baru ini beberapa orang mulai mengambil keuntungan dari kecelakaan penerbangan Malaysian Airlines (MH17) yang terjadi beberapa waktu lalu, dengan menyamar sebagai korban di Facebook. Melihat kondisi itu, pihak layanan jejaring sosial mengeluarkan peringatan kepada pengguna perihal masalah ini.

Dilansir dari Neowin, Kamis (24/7/2014), beberapa scammers memanfaatkan situasi untuk keuntungan moneter dari peristiwa tragis tersebut.

Menurut Facebook, penipu ini telah mengatur profil sebagai warga Australia terkait dengan pesawat tragedi. Profil menghubungkan link ke blog tertentu,kemudia memancing pengguna dengan adware dan link penipuan lainnya.

Juru bicara Facebook telah meyakinkan pengguna, bahwa perusahaan akan menonaktifkan profil ketika menemukan hal tersebut, dan mendesak pengguna untuk memblokir serta melaporkan perilaku yang mencurigakan.

Tim Facebook akan mengambil tindakan cepat terhadap profil yang telah dilaporkan. Seperti diungkapkan oleh Bloomberg, bahwa banyak warga Belanda dan beberapa orang Australia telah menjadi korban link scam tersebut.

Pemerintah Belanda mengambil sikap tegas terhadap situasi ini dan akan mengadili para pelaku jika mereka ditemukan.

Jaringan sosial ini sering membantu pada saat krisis. Namun, selalu ada beberapa orang yang menyalahgunakan layanan dan menyebabkan ketidaknyamanan kepada orang lain.

Komunitas online dari Australia dan Belanda mungkin mencari bantuan bagi mereka yang membutuhkan, namun pengguna tetap harus mengambil sikap waspada.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0748 seconds (0.1#10.140)