Sensor Sabuk Pengaman Deteksi Keselamatan Pengendara

Jum'at, 25 Juli 2014 - 15:04 WIB
Sensor Sabuk Pengaman Deteksi Keselamatan Pengendara
Sensor Sabuk Pengaman Deteksi Keselamatan Pengendara
A A A
SAN FRANCISCO - Kini hampir semua perangkat elektronik menggunakan sensor, karena kemampuan dalam memindai dan menyimpan data yang baik. Sensor mulai menjamah produk yang sebelumnya sangat bertolak belakang, seperti kursi dan sabuk pengaman di mobil.

Alat pendeteksi ini bernama Harken, ia akan mengumpulkan informasi yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mendeteksi organ fital tubuh pengendara. Sistem dapat memberikan peringatan kepada pengemudi bahwa kurang tidur dan sebagainya.

Alat ini hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Instituto de Biomecánica de Valencia (Institut Biomekanik - IBV) asal Spanyol. Mereka bekerja keras mengintegrasikan sebuah sensor ke kursi mobil serta sabuk pengaman, berharap bahwa sensor ini dapat melacak detak jantung dan pernapasan pola pengemudi.

Melansir laman Ubergizmo, Jumat (25/7/2014), sistem yang dikembangkan juga cukup cerdas. Sistem ini dapat membedakan antara getaran yang dihasilkan si pengendara atau akibat getaran mobil dengan detak jantung. Informasi yang dikumpulkan akan di olah komputer kemudian memberi tanda-tanda kondisi vital seseorang.

Sistem pendeteksi akan terdiri dari sensor kursi, sensor sabuk pengaman dan unit pengolahan sinyal (SPU). Meski tujuannya untuk kesehatan, namun model dan desain dirancang agar tidak terlalu mencolok.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7236 seconds (0.1#10.140)