Android L vs iOS 8

Rabu, 30 Juli 2014 - 16:12 WIB
Android L vs iOS 8
Android L vs iOS 8
A A A
LONDON - Salah satu persaingan menarik dalam sejarah teknologi modern antara Google Android dan Apple iOS. Kedua platform memicu revolusi, iOS dengan memainkan peran kunci dalam smartphone OS modern, sementara Android memenangkan hati dengan pengalaman smartphone luas.

Dilansir dari Phonearena, Android dan iOS begitu banyak berbeda pada tingkatan, Android L berjalan pada Nexus 5 dan Apple iOS 8 berjalan pada iPhone 5s.

Untuk layar kunci Android L mengalami perubahan penting dalam tampilan sekilas. Tepat di tengah-tengah layar, terdapat notifikasi layar kunci ditekan dua kali ketika ada pemberitahuan. Sedangkan iOS 8 layar perangkat menyala selama beberapa detik saat ada notifikasi. Pengguna dapat membacanya dan menggeser untuk membalas email atau menandainya setelah dibaca dan kedua solusi ini bekerja dengan baik.

Selain itu, Android L memiliki satu hal yang tidak dimiliki iOS, yakni cara pintas ke aplikasi telepon. Layar awal Android L seperti di KitKat untuk shortcut aplikasi, folder, widget dan aplikasi drawer. Sedangkan iOS 8, layar awal tidak berubah baik dan sebagai minimalis untuk menavigasi.

Fitur personalisasi iOS 8 terbatas, tetapi Android L akan menarik bagi perangkat personalisasi. Android L melakukan desain ulang menu control cepat, ditempatkan pada panel pull down. iOS Control Center tidak kalah mengagumkan, dapat diakses dari layar apapun, sehingga memermudah pengaturan kecerahan layar, pengalihan on/off WiFi, kontrol pemutaran musik, dan banyak lagi.

Android L pada keyboard didesain ulang, sehingga aplikasi berdiri sendiri, cepat dan akurat, sedangkan iOS 8 Apple menambahkan prediksi kata cerdas untuk keyboard.

Dari sisi kamera, Android L menggunakan Google Camera sebagai aplikasi kamera default, termasuk lens blur, photo saphere, HDR, dan panorama aplikasi yang dapat di-download dari Play Store. Pada iOS 8 aplikasi kamera juga memiliki beberapa trik lengan atas.

Android L dan iOS 8 sama-sama dirilis musim gugur ini dan diharapkan bermanfaat bagi pengguna dengan semua fitur dan perbaikan yang dilakukan. Apapun kelebihan dan kekurangan keduanya pasti punya alasan untuk memilih salah satu dari kedua platform tersebut.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0611 seconds (0.1#10.140)