Duesenberg, Merek Mewah AS Pesaing Rolls Royce

Rabu, 30 Juli 2014 - 17:55 WIB
Duesenberg, Merek Mewah AS Pesaing Rolls Royce
Duesenberg, Merek Mewah AS Pesaing Rolls Royce
A A A
NEW YORK - Bicara mengenai merek mewah legendaris maka tentu akan muncul sejumlah nama. Contoh termudah ialah Inggris yang punya Rolls Royce untuk dibanggakan, di Jerman ada Mercedes dan BMW. Lantas bagaimana dengan Amerika Serikat (AS)?

Meski hingga kini Cadillac masih menjadi merek premium, namun ternyata AS dahulu memiliki sebuah merek mewah yang mampu menyaingi kemegahan Rolls Royce. Pabrikan itu bernama Duesenberg, dan berbasis di Iowa, AS.

Duesenberg digadang sebagai puncak kemewahan automotif AS pada 1930-an. Sayang nasib baik tidak berpihak padanya, sementara Rolls Royce bersinar terang, Duesenberg harus gulung tikar pada 1937.

Melansir laman Autoevolution, varian dan model yang sempat keluar menjadi barang yang sangat diburu kolektor untuk menghiasi "showroom" mereka.

Acara Lelang
Sabtu, 26 juli 2014 waktu setempat, RM Auction Motor City akan melelang salah satu mobil kebanggaan AS yaitu Duesenberg 1925 Model Touring. Harga taksirnya mencapai USD175 ribu–USD225 ribu. Panitia pun cukup yakin bila mobil langka ini sanggup mendapat tawaran hingga setengah juta dolar AS.

Keunggulan mobil ini ialah keterbatasannya. Duesenberg 1925 Model Touring merupakan varian terbatas dari 600 unit yang diproduksi antara 1921-1926. Hebatnya lagi, mobil ini merupakan merupakan mobil pertama dengan rem hidrolik di AS.

Model Touring menggunakan mesin L-Head dengan overhead camshaft tunggal dua katub per silinder. Jantung mekanisnya mampu menghasilkan 88dk dan torsi 170 lb-tf. Tenaga tersebut dikawinkan dengan transmisi manual tiga percepatan.

Restorasi Panjang
Ketika itu, Duesenberg 1925 Model Touring merupakan contoh perkembangan signifikan dalam dunia automotif dengan gaya tubuh ramping dan elegan. Mengadopsi sasis 988 mm, mobil ini pertama kali dibeli oleh pelanggan dari Indianapolis dan kemudian diakuisisi oleh kolektor mobil Homer Fitterling, Ed Weaver.

Ed Weaver memilikinya dari tahun 1989, kemudian pada 1993 menjualnya di sebuah acara lelang landmark. Saat ini mobil dimiliki oleh Millspaugh dari Irlandia, sang pemilik menghabiskan 3 tahun untuk melakukan pemulihan lengkap.

Restorasi dilakukan untuk menghadirkan kaesn masa kejayaannya dengan cat merah dan hitam. Sementara jok kulit hitam dipasang kembali bersama dengan kanvas top tan. Semua trim nikel dipulihkan oleh seorang profesional, dengan penambahan clearcoat.

Duesenberg 1925 Model Touring merupakan mobil Midwestern yang ikonik. Mobil ini satu dari hanya sekitar tiga lusin model yang ada, dan bisa dibilang merupakan bentuk paling original dari Duesenberg.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6253 seconds (0.1#10.140)