Selama 8 Bulan Penjualan Komputer di Jateng Turun 40%

Rabu, 20 Agustus 2014 - 18:17 WIB
Selama 8 Bulan Penjualan Komputer di Jateng Turun 40%
Selama 8 Bulan Penjualan Komputer di Jateng Turun 40%
A A A
SEMARANG - Pasar komputer di Jawa Tengah selama delapan bulan terakhir mengalami penurunan, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jateng mencatat tahun 2014 ini terjadi penurunan antara 30-40%.

Ketua DPD Apkomindo Jateng, Edy Joko Kiswanto mengatakan, penurunan penjualan komputer karena bergesernya minat konsumen dari notebook ke ponsel pintar.

“Sebagian besar masyarakat memilih membeli smartphone karena mereka sudah memiliki notebook. Akibatnya, penjualan perangkat itu perlahan mulai menurun,” katanya, Rabu (20/8).

Dikatakannya, penjualan terburuk sepanjang 2014 terjadi pada bulan Juni dan Juli, dimana pada dua bulan tersebut bertepatan dengan menjelang lebaran dan bersamaan tahun ajaran baru.

Masyarkat lebih memilih membelanjakan uangnya untuk kebutuhan lebaran dan urusan sekolah ketimbang membeli perangkat komputer, baik PC, maupun Laptop. Pada dua bulan tersebut penjualan komputer mengalami penurunan mencapai 60%.

Kabid Pameran Apkomindo Jateng, AM Ishak , menambahkan untuk meningkatkan penjualan pihaknya akan menggelar pameran komputer bertajuk ''Semarkomtek 2014'' dimulai 22 hinga 26 Agustus di atrium Java Mall. “Pameran ini sebagai salah satu upaya kami untuk meningkatkan penjualan,” tambahnya.

Pameran diikuti 63 vendor ternama diantaranya Samsung, Lenovo, Canon, HP, Acer, Epson, Advan, Asus, Axioo dan masih banyak lagi. banyak promo yang diberikan untuk membuka minat pasar.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6965 seconds (0.1#10.140)