Kenalkan Enduro HD, Pertamina Gandeng HDCI

Kamis, 27 November 2014 - 20:46 WIB
Kenalkan Enduro HD, Pertamina Gandeng HDCI
Kenalkan Enduro HD, Pertamina Gandeng HDCI
A A A
JAKARTA - Upaya PT Pertamina Marketing Operation VII Sulawesi untuk meningkatkan konsumsi pelumas Enduro terus dilakukan dengan menggandeng komunitas motor Harley Davidson.

Komitmen keseriusan itu dilakukan dengan mengajak komunitas Harley Davidson Indonesia (HDCI) Makassar menjajal kemampuan jenis pelumas terbarunya, yakni, Enduro HD dengan menjajal rute Makassar-Manado sepanjang 2000 kilometer dengan waktu tiga hari dua malam.

Sebanyak lima motor gede menggunakan langsung Enduro HD yang rencananya baru akan dilepas di pasaran tahun depan.

Menurut Manager Sales VII PT. Pertamina Lubricants, Dommy Ferdinando Peea, pelumas generasi terbaru PT Pertamina Lubricants itu didesain sesuai spesifikasi dapur pacu motor yang dientik dengan mesin V-twin. Dimana, produk Enduro HD dihadirkan dalam dari dua varian yaitu dengan viskositas SAE 20W-50 dan SAE 60.

“Produk kami memiliki stabilitas kekentalan yang sangat baik dan diformulasikan dengan aditif berkualitas sehingga menjamin pelumasan yang optimal,” katanya, Kamis (27/11/2014).

Dommy menjelaskan, dalam waktu dekat ada dua tipe pelumas yang disiapkan untuk dilempar ke pasar yakni SAE 20W-50 untuk Motor HD dengan usia terkini atau 5 tahun terakhir dan SAE 60 untuk motor HD dengan usia diatas 5 tahun terakhir.

Dia menjelaskan, produk ini tahap awal sengaja diperkenalkan ke pengguna roda dua untuk segmentasi kelas premium sebelum nantinya di jual bebas, tujuannya untuk mengetahui pengalaman pengguna. Sehingga, bisa diketahui secara pasti kualitas produk tersebut.

“Tahap awal kami tidak menargetkan penjualan hanya brand awareness saja, namun untuk pasar Sulawesi diharapkan dapat terjual sekitar 2.000 liter sampai 5.000 liter perbulan. Dengan target market share untuk kelas motor gede sekitar 2% sampai 5%,” jelasnya.

Dommy memaparkan, dari sekitar 5000 liter pasar pelumas di wilayah Sulawesi diharapkan Enduro HD dapat memgambil sekitar 1.000 liter sampai 2.000 liter. Hal itu didukung dengan penjualan Pertamina di otomotif khusus segmentasi roda dua dikisaran 55% sampai 60%.

Saat ini, secara keseluruhan untuk jenis pelumas Pertamina ditargetkan pencapaian sekitar 16 juta liter hingga akhir tahun, dimana sampai Oktober sudah mencapai 15 juta liter.

“Tahun lalu realiasasi mencapai 15 juta liter dari jumlah itu kontribusi Makassar sekitar 30%, untuk itu terus didorong peningkatan konsumsinya,” terangnya disela-sela pelepasan tim HDCI touring Makassar-Manado, Kamis (27/11/2014).

Sementara itu, untuk mendongkrak penjualan Pertamina telah menggandeng 8.000 outlet di area Sulawesi dengan tahap awal 200 sampai 400 outlet menjual Enduro HD.

Ketua HDCI Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengapresiasi kepercayaan Pertamina ke HDCI untuk melakukan uji coba terhadap produk barunya tersebut.

“Kami tentunya dalam menggunakan pelumas tidak asal, makanya dipakai yang menawarkan kualitas terbaik sehingga kendaraan bisa awet,” paparnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8366 seconds (0.1#10.140)