Penjualan Komputer Tahun ini Lesu

Kamis, 18 Desember 2014 - 10:10 WIB
Penjualan Komputer Tahun ini Lesu
Penjualan Komputer Tahun ini Lesu
A A A
SEMARANG - Penjualan komputer baik komputer jinjing (laptop) maupun komputer PC, di Jawa Tengah pada 2014 mengalami kelesuan. Sejak pertengahan tahun 2014, penjualan mengalami penurunan hingga 10%.

Pengurus DPD Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jateng, Kadarpono mengatakan kondisi penjualan komputer, semakin sulit semenjak kenaikan harga BBM pada pertengahan November lalu.

“Daya beli konsumen mengalami penurunan sekitar 5%-10% dari periode yang sama tahun lalu,” ujarnya, di sela-sela pembukaan pameran Komputer dan Gadget Apkomindo Year End Sale (YES) 2014 di atrium Java Mall.

Dia menuturkan, pada akhir 2014 yang biasanya menjadi “peak season” penjualan komputer, namun sampai saat ini belum terlihat adanya peningkatan penjualan, terlebih semenjak harga BBM naik.

“Menjelang akhir tahun pada November-Desember pasar komputer bergairah. Namun, tahun ini bisa dibilang mengalami kelesuan penjualan,” tuturnya.

Sambung Kadarpono, meskipun harga komputer tidak mengalami kenaikan semenjak kenaikan BBM, dan kenaikan dollar namun, hal itu juga belum mampu menaikan omset penjualan.

Menurutnya pada tahun ini permintaan gadget dan Komputer hampir seimbang, hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana permintaan gadget mampu mencapai 75%.

“Kalau untuk komputer, Laptop masih mendominasi, sedangkan untuk komputer pc mengalami penurunan terutama untuk komputer rakitan,” jelasnya.

Nany Sunarjo dari GMP Production selaku pelaksana pameran menambahkan, pameran yang diselenggarakan mulai Rabu (17/12) sampai Minggu (21/12) diharapkan mampu menggairahkan penjualan komputer di Kota Semarang.
Dia mengaku tidak mematok taget penjualan secara khusus selama pameran.

Hanya saja diharapkan transaksi bisa lebih besar dibandingkan pameran sebelumnya. “Pameran kali ini diikuti sekitar 7 stand VIP dan 45 stand lainnya. Diikuti oleh sejumlah merek ternama di antaranya, Canon, Lenovo, Advan, Asus, HP dan masih banyak lagi. Tersedia potongan diskon menarik dan banyak promo lainnya,” ujarnya.

Dia menuturkan, untuk menarik pengunjung serangkaian kegiatan juga akan digelar, seperti donor darah, penampilan siswa dari beberapa sekolah, lomba mewarnai dan masing banyak lagi.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3871 seconds (0.1#10.140)