Volvo Kembangkan Sistem Antitabrak Peseda

Senin, 22 Desember 2014 - 10:52 WIB
Volvo Kembangkan Sistem Antitabrak Peseda
Volvo Kembangkan Sistem Antitabrak Peseda
A A A
STOCKHOLM - Volvo resmi menggandeng POC dan Ericsson mengembangkan teknologi canggih sistem komunikasi dua arah untuk mobil dan pengendara sepeda (pesepeda). Teknologi baru ini dirancang untuk melakukan debut di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas .

Sistem ini menggunakan helm prototipe dan smartphone untuk mengetahui posisi antara pengendara sepeda dan pengemudi mobil. Sistem akan memperingatkan pengendara sepeda dan pengemudi mobil ketika melihat ada tanda akan terjadi tabrakan antar keduanya.

Dilansir dari laman resmi Volvo, Senin (22/12/2014), hebatnya dalam sistem ini, tanda bahaya tetap akan berbunyi meski pengendara sepeda berada di tempat yang tidak terlihat oleh pengemudi mobil.

"Kemitraan antara Volvo, POC dan Ericsson merupakan tonggak penting dalam menyelidiki langkah selanjutnya menuju visi Volvo untuk membangun mobil yang tidak akan kecelakaan," kata Volvo dalam pernyataan resmi.

Volvo melanjutkan bahwa dengan mengeksplorasi sistem keamanan berbasis cloud, pihaknya semakin semakin dekat untuk menghilangkan area buta (blind spot) yang tersisa antara mobil dan pengendara sepeda, yang kahirnya dapat meminimalkan resiko tabrakan.

"Kecelakaan bersepeda lebih umum daripada yang disadari. Sebanyak 726 pengendara sepeda tewas di Amerika Serikat pada 2012. Sepeda juga menjadi isu utama setelah 4.533 pengendara sepeda terluka di Berlin selama 2012," kata Volvo.

(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7749 seconds (0.1#10.140)