Global NCAP Akan Hentikan Produksi Datsun GO

Rabu, 31 Desember 2014 - 15:06 WIB
Global NCAP Akan Hentikan Produksi Datsun GO
Global NCAP Akan Hentikan Produksi Datsun GO
A A A
NEW DELHI - Global NCAP (New Car Assessment Program) kembali mengajukan surat resmi untuk memberhentikan produksi Datsun GO di India. Bahkan kali ini organisasi penyedia informasi independen tentang keselamatan kendaraan itu berniat mengajukan surat langsung kepada Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Global NCAP tetap pada pendirian awal bahwa Datsun GO punya struktur bodi yang lemah. Merek ekonomis Nissan tersebut gagal dalam uji tabrak depan dengan nilai 0. Terlebih tes tabrak dilakukan dalam kecepatan 64kpj, situasi yang direkayasa seperti laju kendaraan pada umumnya ketika di jalan raya.

Model yang diuji ialah Datsun Go varian tertinggi tanpa fitur ABS dan Airbag. Hasil tes menunjukkan bagian tengah dan belakang mobil rusak parah. Bisa disimpulkan bahwa pengemudi dan penumpang dipastikan mengalami luka parah di bagian kepala, dada dan kaki.

Dilansir dari Indianautosblog, Rabu (31/12/2014), Global NCAP bahkan sempat menyatakan meski Datsun GO sudah ditambahkan rem ABS dan Airbag tidak akan berpengaruh signifikan. Fitur tersebut dapat mengurangi dampak kecelakaan tapi bukan perbaikan struktur bodi yang menjadi tembok pertama keselamatan penumpang.

Awal November lalu, kepala Global NCAP Max Mosley, sudah mengirimkan surat resmi kepada CEO Renault-Nissan Charlos Ghosn, agar tidak menjual Datsun GO di India. Nissan menampik dan mengatakan Datsun Go yang dirakit lokal sudah memenuhi semua persyaratan keamanan di India.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8199 seconds (0.1#10.140)