Ini Aplikasi Mencatat, Mengetik dan Menyimpan pada Smartphone

Senin, 26 Januari 2015 - 19:48 WIB
Ini Aplikasi Mencatat, Mengetik dan Menyimpan pada Smartphone
Ini Aplikasi Mencatat, Mengetik dan Menyimpan pada Smartphone
A A A
JAKARTA - Saat ini tak hanya notebook atau tablet saja yang bisa digunakan untuk menulis. Sebuah smartphone bisa menggantikan posisi penting itu bagi Anda. Semakin praktis dan minimalis ruang penyimpanan dibanding kita membawa notebook.

Tak perlu kawatir. saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mencatat dan mengetik dengan nyaman. Bayangkan jika saat berada di jalan atau sedang meeting Anda memiliki ide yang ingin harus segera ditulis agar tidak lupa.

Buka saja aplikasi seperti Evernote, tulis ide Anda disana. Setibanya di kantor atau di rumah, Anda tinggal membuka situs Evernote.com, masukkan ID, dan tulisan yang Anda ketik sebelumnya sudah bisa dibuka kembali untuk ditambahkan. Mudah sekali.

Atau saat Anda berada di sebuah toko buku, ada buku terbaru yang ingin dibeli. Tapi, jika memotretnya, gambar tersebut dipastikan terselip di puluhan gambar di menu Gallery ponsel. Jadi, kenapa tidak menyimpan gambar tersebut di aplikasi Google Keep. Anda akan selalu mengingat gambar buku tersebut sebagai sesuatu yang harus dibeli.

Berikut ini adalah digital organizer yang bisa dicoba. Semuanya gratis dan tersedia di Google Play Store, Apple App Store, hingga Windows Store. Silahkan pilih yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

EvernoteEvernote

Evernote adalah layanan ”digital organizer” dengan fungsi sangat lengkap. Mulai menyimpan halaman web, membuat catatan, daftar kegiatan yang harus dilakukan, menyimpan foto dan lagu, dan masih banyak lagi. Aplikasi gratis. Tapi, Anda bisa membayar jika ingin menambah kapasitas simpan. Minusnya, aplikasi Evernote agak “berat” dan lumayan haus data.

Google Keep


Terkadang Anda butuh aplikasi yang ringan, simpel, tapi dapat diakses dimana saja. Nah, Google Keep jawabannya. Cukup log in menggunakan akun Google, maka Anda bisa mencatat, menyimpan gambar, membuat daftar, dan tersinkron dengan mudah dan cepat di smartphone ataupun PC. Minusnya, fungsi Google Keep cukup terbatas. Tidak bisa membuat huruf tebal, mengatur paragraf, dan lainnya.

Plain text


Jika Anda butuh aplikasi untuk mengetik tulisan yang agak panjang, ringan, mudah disalin, dan dapat terhubung ke berbagai perangkat, silahkan unduh Plain.txt. Aplikasi ini ringan, tidak haus data, nyaman sekali untuk mengetik. Tapi, Anda harus terlebih dulu memiliki akun Dropbox. Karena tulisan Anda akan tersimpan langsung di folder Dropbox Anda.

Plaris office

Seandainya Anda memang butuh aplikasi pengolah kata yang lebih canggih, maka Polaris Office bisa jadi pilihan. Anda bisa mendapatkan tampilan dan fungsi layaknya Microsoft Word. Cocok untuk mengedit tulisan, tapi kurang nyaman digunakan untuk mengetik.

Google docs

Google Docs dapat membuka file-file Word Anda dengan mudah, mengeditnya secara cepat, serta tersingkronisasi ke cloud dalam waktu singkat pula. Meski demikian, aplikasi ini hanya terhubung ke akun Google Drive. Apakah Anda aktif menggunakan Google Drive?
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3054 seconds (0.1#10.140)