iPhone 6 vs Sony Xperia Z3 Compact

Kamis, 26 Februari 2015 - 07:22 WIB
iPhone 6 vs Sony Xperia Z3 Compact
iPhone 6 vs Sony Xperia Z3 Compact
A A A
WASHINGTON - Keduanya adalah ponsel andalan produsen smartphone besar, yakni iPhone 6 dan Sony Xperia Z3 Compact. Meskipun sama-sama diunggulkan, namun keduanya memiliki perbedaan signifikan dari berbagai segi.

Kedua smartphone terbaru ini hadir dengan layar 5 inci, sehingga bisa dikatakan akan menjadi pilihan sulit untuk memilihnya, jika pengguna mencari ponsel dari sisi ukuran layar. Seperti dilansir dari Pcadvisor, Rabu (25/2/2015), kedua handset anyar baru ini memiliki ukuran serupa. Berikut beberapa perbedaan untuk kedua ponsel andalan tersebut:

Harga

Pembeda pertama antara kedua smartphone ini adalah harga. iPhone 6 ketika dirilis ponsel ini dibanderol 539 euro (Rp7,8 juta) untuk model 16GB. Sedangkan Xperia Z3 Compact hanya menawarkan model 16GB dan biaya 429 euro (Rp6,3 juta) langsung dari Sony, atau bahkan lebih terjangkau pada harga di pasarnya.

Jadi Sony Xperia Z3 Compact, pengguna bisa berhemat setidaknya 110 euro atau sekitar Rp1,5 juta. Tapi jika Anda membutuhkan penyimpanan internal lebih dari 16GB, maka harus merogoh kocek lebih dalam untuk iPhone model 64GB atau 128GB seharga Rp9,1 juta dan Rp10,2 juta.

Desain

Menengok desain pada kedua smartphone ini, meskipun memiliki ukuran layar yang sama, tapi soal desain sangat berbeda. Xperia Z3 Compact berhasil menekan layarnya menjadi lebih kecil. Body ponsel asal negeri Sakura itu adalah 127x65mm, sedangkan iPhone 6 138x67mm.

Namun, Xperia Z3 Compact lebih tebal ketimbang iPhone 6, dengan 8,6mm dibandingkan iPhone yang tipisnya 6,9mm. Sedangkan dari sisi bobot, justri iPhone 6 lebih berat karena bobotnya 127gram, dibandingkan dengan Z3 Compact 129gram, hampir selisih 2gram.

tipis

Seluruh tampilan dan nuansa dari iPhone 6 dan Xperia Z3 Compact sangat berbeda. iPhone 6 memiliki desain bulat lembut, dibuat dengan kaca dan aluminium yang ramping dan bergaya. Bagian tepi bulat dan layar yang kurva halus, membuatnya merasa benar-benar nyaman di tangan.

Sony Xperia Z3 Compact juga memiliki kaca dan desain berbasis aluminium, namun dibangun dengan daya tahan di garis depan. Memiliki potongan nilon sudut yang harus menyerap guncangan, dan mencegah smartphone dari kerusakan jika terjatuh, dan itu sepenuhnya memiliki ketahanan debu dan air hingga 1,5 meter.

Daya tahan jelas merupakan suatu faktor yang bisa membantu membuat keputusan antara kedua smartphone ini. Jika ingin menggunakan smartphone Anda di dapur, di kamar mandi, di pantai atau kolam renang, Sony Xperia Z3 Compact kemungkinan menjadi pilihan terbaik.

Tetapi bagi mereka yang tidak begitu khawatir tentang daya tahan, iPhone 6 adalah bagian yang menakjubkan dari kit, yang tersedia dengan pilihan warna perak, emas, atau abu-abu dan Z3 Compact tersedia dalam warna putih, hitam, oranye atau hijau.

Layar

iPhone 6 menawarkan, layar LED backlit LCD IPS menakjubkan, dengan mengukur 4,7inci diagonal resolusi (750x1.334 piksel), yang setara dengan kepadatan piksel 326ppi.

Di sisi lain, Xperia Z3 Compact memiliki layar berukuran 4,6 inci dengan resolusi sedikit lebih kecil (720x1.280 piksel), yang membuat kepadatan piksel sedikit lebih rendah dari 319ppi. Meskipun begitu tetap masih segar dan cerah, sehingga perbedaan kualitas antara Z3 Compact dan iPhone 6 layar hampir tak terlihat.

Xperia Z3 Compact memang memiliki beberapa fitur tambahan yang membuatnya lebih berguna. Termasuk kemampuan menggunakan smartphone layar disentuh saat mengenakan sarung tangan. Pengguna harus mengaktifkan modus dan double tap sebagai pilihannya dan backlight control pintar membuat layar terjaga.

Hardware dan Spesifikasi

Di dalam iPhone 6 akan menemukan prosesor Apple A8. Ini adalah chip dual-core berjalan pada 1.4GHz, dan dikawinkan dengan RAM 1GB. Ini adalah smartphone cemerlang cepat temukan untuk menjadi lancar, cepat dan responsif.

Sementara Xperia Z3 Compact menggunakan Qualcomm Snapdragon 801 prosesor quad-core, yang clock di 2.5GHz dan dikawinkan dengan RAM 2GB. Ketika melakukan uji coba di benchmark.

Laporan Geekbench 3 tes kecepatan prosesor, 6 iPhone mencetak rata-rata 2.794, yang hampir identik dengan rata-rata 2.800 untuk Sony Xperia Z3 Compact, membuat kedua smartphone ini sangat erat cocok dalam hal kinerja.

Sedangkan pada hasil tes grafis GFXBench menceritakan kisah yang sedikit berbeda. iPhone 6 mengalahkan Xperia Z3 Compact dalam tes T-Rex, skor 49fps (first-person shooter) dibandingkan dengan 41fps sedikit lebih rendah, namun kedua skor ini mengesankan.

Namun, ketika menjalankan tes di Manhattan, kedua smartphone mencapai skor 26fps. Sehingga sulit untuk menempatkan iPhone 6 dan Xperia Z3 Compact tetapi pengguna laki-laki yang lebih baik berfokus pada penanganan di grafis.

Secara keseluruhan, iPhone 6 sedikit lebih cepat dari Xperia Z3 Compact, tapi disarankan untuk meningkatkan kecepatan kecil tidak akan cukup untuk paling nyata untuk menjamin mengeluarkan budget lebih 110 euro (Rp1,5 juta).

Konektivitas

Masalah konektivitas, iPhone 6 menawarkan WiFi 802.11ac, Bluetooth 4.0 dan LTE (long term evolution) serta NFC (tapi itu terbatas pada layanan Apple Pay). Z3 Compact mirip dengan WiFi, Bluetooth dan 4G tapi chip NFC lebih berguna.

Baterai

Soal daya tahan baterai Sony Xperia Z3 Compact, unggulannya dengan kapasitas 2.600mAh lebih besar dibandingkan iPhone 6, Li-Po 1.810mAh, tetapi keduanya tidak removeable. Baterai Z3 Compact menjadi benar-benar fantastis, sedangkan baterai iPhone 6 lebih cepat terkuran.

Kamera

iPhone 6 menawarkan kamera menghadap ke belakang 8MP dengan piksel yang lebih besar 1,5microns untuk kualitas gambar yang lebih baik. Sedangkan pada Xperia Z3 Compact juga memiliki kamera yang fantastis, dengan menakjubkan 20,7MP kamera belakang, yang memiliki lensa 25mm wide-angle dan ISO yang sangat tinggi dari 12800 untuk fotografi cahaya rendah.

Ketika berbicara ke video, kamera belakang iPhone 6 dapat menangkap hingga 1080p pada 60fps, atau 720p pada 240fps (untuk video Slo-Mo). Jelas berbeda dengan Sony yang menawarkan shooter kamera 4K video, sehingga mengalahkan penawaran Apple di sini.

kamera

Xperia Z3 Compact juga mengalahkan iPhone 6 dengan kamera menghadap ke depan di 2,2MP dibandingkan dengan 1,2MP milik iPhone. Jadi jika kualitas kamera merupakan faktor penting bagi pengguna, Xperia Z3 Compact layak dipertimbangkan atas iPhone 6

Software

Jadi apa yang perlu diketahui di sini adalah bahwa iPhone 6 sudah jelas mengoperasikan iOS Apple, saat ini di iOS 8, dan Xperia Z3 Compact menjalankan Android 4.4.4 KitKat, segera diperbarui untuk Android Lollipop (5.0).

Fitur software menonjol yang menambah Google vanili Android pada ponsel Xperia termasuk dukungan untuk PS4 Remote Play dan aplikasi Walkman. Sony juga menawarkan audio high-res, termasuk pemutaran file DSD dan ini adalah yang pertama bagi smartphone.

iPhone 6 menawarkan segala sesuatu yang diharapkan dari iOS dan lebih, termasuk Passbook, layanan Apel Pay (yang saat ini terbatas ke AS), iTunes, iBooks, iCloud dan fitur iCloud Drive baru.

Tidak ada keraguan bahwa Sony Xperia Z3 Compact adalah smartphone yang menawarkan nilai yang lebih baik di sini. Ini mengalahkan iPhone 6 di beberapa spesifikasi termasuk kemampuan kamera dan daya tahan, dan ketika itu dipukuli oleh iPhone 6 dengan harga yang lebih mahal.

Untuk iPhone 6 akan menarik bagi fashionista, pecinta ekosistem iOS dan mereka yang tidak terlalu peduli tentang berapa banyak yang mereka gunakan untuk smartphone mereka. Untuk lebih hemat, Z3 Compact adalah pilihan yang lebih baik, dan juga akan menarik lebih banyak untuk tertarik smartphone fotografer/videograf, audiophiles dan PlayStation gamer.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0377 seconds (0.1#10.140)