Ada Dua Pameran Automotif, Ini Komentar Menperin

Jum'at, 27 Februari 2015 - 21:59 WIB
Ada Dua Pameran Automotif, Ini Komentar Menperin
Ada Dua Pameran Automotif, Ini Komentar Menperin
A A A
BEKASI - Pecah kongsi antara Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Dyandra Promosindo menyebabkan ada dua pameran automotif berskala internasional di Indonesia.

Namun sayang, kedua pihak seakan tidak mau kalah dengan menggelar acara pada saat yang bersamaan. Baik GIIAS besutan Gaikindo maupun IIMS yang dimotori Dyandra akan dihelat bersamaan pada 20-30 Agustus 2015.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menyayangkan keputusan tersebut. Menurut dia, kalau dua pameran tersebut digelar pada waktu berbeda tentu akan lebih baik. Karena praktis menghidupkan industri automotif nasional.

"Kami akan minta agar jangan sampai pada saat bersamaan. Kalau bisa waktunya berlainan, maka dengan sendirinya promosi automotif akan berjalan," lugas Saleh usai prosesi pelepasan ekspor skutik Address di pabrik Suzuki Tambun, Bekasi, Jumat (27/2/2015).

Kendati akan meminta acara digelar berlainan, Saleh mengaku pihaknya dalam hal ini Kementrian Perindustrian tidak dapat ikut campur terlalu jauh. Sebab, akar dari dualisme pameran ini adalah bussiness to bussiness (B2B) antar pengusaha.

"Kami hanya bisa menyarankan agar waktunya bisa berlainan, kerana itu masalah B2B. Kita enggak ada perlakuan khusus atau ikut campur. Itu antar pengusaha ke pengusaha," ulas Saleh.

Seperti diberitakan sebelumnya, GIIAS akan dihelat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD, Tangerang, sementara IIMS digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Kedua ajang bergensi tersebut akan berlangsung serempak akhir Agustus mendatang.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7288 seconds (0.1#10.140)