ZTE Luncurkan Sistem Jaringan SDN di MWC 2015

Sabtu, 07 Maret 2015 - 01:54 WIB
ZTE Luncurkan Sistem Jaringan SDN di MWC 2015
ZTE Luncurkan Sistem Jaringan SDN di MWC 2015
A A A
BARCELONA - ZTE Corporation meluncurkan sistem pengoperasian dan pemeliharaan jaringan akses radio IP (IP RAN), berdasarkan teknologi software defined networking (SDN) yang elastis di acara Mobile World Congress (MWC) 2015 Barcelona.

Dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Jumat (6/2/2015), sebanyak 90% dari kinerja sistem tersebut bisa dilakukan dengan satu sentuhan di terminal mobile, yang bisa menghemat minimal 30% dari biaya tenaga kerja.

Sebuah solusi inovatif yang memperkenalkan teknologi SDN ke jaringan IP RAN, untuk mengurangi biaya pengoperasian dan pemeliharaan telah mendapatkan perhatian luas dari komunitas operator.

Ini adalah pertama kalinya teknologi SDN di IP RAN dari ZTE didemonstrasikan dan diperbincangkan. Pada acara tersebut, solusi ini meraih ketertarikan khusus, terutama sekitar mode pengoperasian dan pemeliharaan baru.

Belum lagi, melonjaknya kebutuhan data mobile menyebabkan operator mobile bekerja keras menerapkan jaringan 4G, demi memudahkan pengaturan jaringan mereka pada saat terjadi lonjakan trafik data mobile.

Hasilnya jaringan mobile bearer IP RAN menghadapi tekanan pengaturan yang signifikan. Konsekuensinya, para operator memusatkan perhatian mereka pada bagaimana cara mengatasi dampak lonjakan trafik data, mengatur IP RAN secara efektif, dan mengurangi biaya pengoperasian dan pemeliharaan yang tinggi.

IP RAN yang elastis dan solusi SDN milik ZTE secara efektif mengatasi permasalahan tersebut dengan mengenalkan arsitektur SDN dan mengadopsi teknologi virtualisasi. Teknologi tersebut menjalankan manajemen terpadu pada perangkat access layer dan aggregation layer dengan menggunakan sebuah pengatur SDN.

Melalui peluncuran versi PC, versi portable application description (PAD), dan aplikasi telepon selular secara simultan, para pengguna dapat melakukan tugas pengoperasian dan pemeliharaan jaringan di luar ruang peralatan serta menyelesaikan 90% tugas pengoperasian dan pemeliharaan yang rutin dengan menggunakan perangkat mobile.

Sebagai penyedia perangkat dan solusi komunikasi terdepan di dunia, ZTE telah banyak berinvestasi pada penelitian SDN. Uji coba jaringan global optical SDN intercommunication diselenggarakan oleh Open Networking Foundation (ONF) dan Optical Internetworking Forum (OIF).
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6527 seconds (0.1#10.140)